Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Menpan-RB Ingin Layanan PN Banyuwangi Masuk Mall Pelayanan Publik

Penulis : Muhammad Hujaini - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Aug - 2018, 17:41

Placeholder
Menpan - RB, Asman Abnur saat berkunjung ke PN Banyuwangi

Selain berkunjung ke Polres Banyuwangi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur juga mengunjungi sejumlah pelayanan publik di Banyuwangi Senin (6/8/18). Diantaranya mall pelayanan publik dan Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi.

Asman Abnur mengapresiasi banyaknya perubahan positif dalam bidang pelayanan publik yang terjadi di Banyuwangi. Apalagi dengan adanya Mall Pelayanan Publik yang menyediakan berbagai layanan untuk masyarakat. “Saya berharap hal-hal lain bisa masuk di situ seperti paspor termasuk sertifikat lahan,” ujarnya Senin (6/8/18). 

Selain Mall Pelayanan Publik, Asman Abnur juga mengunjungi pelayanan publik di Pengadilan Negeri Banyuwangi bersama Sekretaris Mahkamah Agung, Achmad Setyo Pudjoharsoyo. Kedua pejabat pusat ini mengapresiasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang ada PN Banyuwangi. “Kami mendorong pelayanan yang ada di Pengadilan Negeri bisa masuk ke Mall Pelayanan Publik,” ujar Asman Abnur.

Terkait hal ini, Humas PN Banyuwangi, Heru Setiyadi, menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemkab Banyuwangi terkait hal itu. Dia juga akan mempersiapkan layanan apa saja yang memungkinkan untuk bisa dibawa ke Mall pelayanan Publik. “Kami akan melakukan koordinasi lebih lanjut mengenai hal ini,” ujarnya ditemui di kantornya Senin (6/8/18).

Di PN Banyuwangi, lanjutnya, saat ini sudah ada PTSP. Dimana semua layanan yang diberikan kepada masyarakat bisa dilakukan dalam satu ruangan saja. Mulai pendaftaran perkara, pendaftaran kuasa hingga pembayaran uang panjar juga dilayani dalam satu ruangan saja. “Untuk membayar uang panjar bisa langsung dilakukan di loket Bank BTN yang ada di ruangan yang sama PTSP,” jelasnya.

Selain itu, PN Banyuwangi menurutnya saat ini sudah melayani E-Court. Dengan aplikasi E-Court ini, sejumlah pelayanan di Pengadilan bisa dilakukan secara online. Mulai pendaftaran perkara perdata, surat kuasa dan beberapa bentuk pelayanan hukum lainnya bisa dilakukan secara elektronik. Salah satu produk unggulan Mahkamah Agung RI ini diluncurkan sebagai salah satu cara untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan bertanggung jawab  kepada masyarakat pencari keadilan yang ada di wilayah hukum banyuwangi. “Kedepannya dengan E-Court ini sidang perdata bisa dilakukan dengan sistem teleconference,” bebernya.


Topik

Pemerintahan Menpan-RB Asman-Abnur Achmad-Setyo-Pudjoharsoyo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Hujaini

Editor

Sri Kurnia Mahiruni