Rekaman CCTV jamaah Masjid Agung Bangli, Bali, yang nyaris tertimpa atap beredar luas di media sosial Instagram. (foto via Instagram Punapi Bali)
Rekaman CCTV jamaah Masjid Agung Bangli, Bali, yang nyaris tertimpa atap beredar luas di media sosial Instagram. (foto via Instagram Punapi Bali)

Gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter (SR) yang berpusat di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (5/8/2018) kemarin dirasakan hingga Pulau Bali. Dahsyatnya gempa membuat Masjid Agung Bangli rusak.

Bahkan beredar di grup WhatsApp, video detik-detik atap bangunan masjid runtuh. Tidak hanya grup chat. Video juga menyebar secara meluas di media sosial Instagram. 

Video tersebut merupakan rekaman CCTV (closed circuit television) yang memperlihatkan suasana salat Isya di Masjid Agung Bangli Jalan Lettu Lila Kecamatan Bangli, Bali. Dalam video diperlihatkan suasana salat Isya yang berlangsung seperti biasa.

Tetapi tiba-tiba seorang jamaah melihat ke sekeliling. Meski begitu, jamaah yang memakai kopkah hitam tersebut tetap menunaikan salat. Beberapa menit kemudian, jamaah salat berhamburan keluar menyelamatkan diri. Saat mereka keluar itulah, atap masjid roboh menimpa tempat para jamaah salat. "Allah Ya Allah," seru suara dalam rekaman CCTV tersebut.

Video rekaman CCTV tersebut dikirim oleh seorang warganet dengan nama akun @_yogapratama_. Ia mengirim video tersebut kepada akun Instagram @punapibali.

Akun Punapi Bali merupakan media komunikasi masyarakat Bali dengan basis 350.000 lebih pengikut. Ada 272.473 orang yang menyaksikan rekaman CCTV tersebut. Dan ada 911 komentar dalam postingan ini. "Astaga serem banget. Syukurlah semuanya selamat," komentar @infokadomurah. (*)