Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Dua Kader Beringin Loncat Pagar, Ketua DPW NasDem Jatim: Mereka Potensial

Penulis : Dede Nana - Editor : Yunan Helmy

05 - Aug - 2018, 13:44

Placeholder
Rendra Kresna, ketua DPW Partai NasDem Jatim. (Ist)

Dua kader Partai Golkar Kabupaten Malang, Achmad Andi dan Sodikul Amin, akhirnya loncat pagar. Setelah cukup lama dikabarkan akan berpaling dari beringin yang selama ini menaungi kiprahnya, kini mereka mantap melabuhkan pilihannya ke Partai NasDem serta akan bertarung dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 dengan mengibarkan bendera NasDem dan tentunya menjadi rival Golkar dalam memperebutkan kursi DPRD. 

Loncat pagarnya Achmad Andi -saat ini anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang- dan Sodikul Amin -anggota Komisi I DPRD Kabupaten Malang- tentunya akan menambah amunisi baru bagi NasDem. Khususnya dalam mewujudkan target kursi di tahun 2019 yaitu 14 kursi. 

Walau  kepindahan dua kader beringin ini terlihat tenang di permukaan,  tampaknya akan membuat peta politik di Kabupaten Malang semakin memanas. Khususnya di tubuh Golkar yang dulu dinakhodai Rendra Kresna sebelum dirinya pindah ke pelukan NasDem. 

Era Rendra di Golkar tidak bisa dipungkiri membuat partai berlambang beringin ini menguat dan berhasil meraup 12 kursi dari hanya 8 kursi tahun 2009. Ketokohan Rendra di Golkar yang kini menjabat sebagai ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur (Jatim), tentunya juga berpengaruh pada Pileg 2019 nanti. Kepindahan dua kader Golkar tersebut hanya sebagian kecil dari kuatnya ketokohan Rendra yang masih menjabat sebagai bupati Malang sampai 2021 nanti. 

MalangTIMES beberapa waktu lalu sempat mengonfirmasi mengenai kepindahan dua kader Golkar itu ke NasDem terhadap Rendra Kresna. Bagi Rendra, kepindahan kader partai lain ke NasDem merupakan pilihan politiknya. "Tentunya kami memiliki kriteria saat menerima kader partai lain ke NasDem. Seperti yang digariskan dalam kebijakan dari pusat. Bagi kami dua kader tersebut memiliki potensi," kata Rendra. 

Dia juga menyebutkan,  seluruh partai memiliki kebijakan dan pergerakannya masing-masing. Perpindahan kader adalah bagian dari pergerakan politik di tubuh parpol. 
"Jadi selama mereka memiliki potensi dan daya juang tinggi untuk mengabdi, kita tentu menerima mereka," ujarnya sambil menegaskan,  bukan waktunya saat ini calon legislatif hanya mengandalkan nomor saja. 

"Kalau mereka tidak berjuang dan mengabdi kepada masyarakat serra hanya mengandalkan nomor urut saja,  siapa yang mau memilih," imbuh Rendra. 
Dalam kesempatan berbeda, Siadi -ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Malang- mempersilahkan kepindahan dua kadernya yang kini terdaftar sebagai caleg Partai Nasdem Kabupaten Malang itu. "Kamj menghormati kepindahan tersebut. Surat pengunduran mereka juga sudah kami terima sekitar Juli kemarin. Kami persilakan. Itu hak mereka," jawab Siadi tanpa bersedia untuk menjawab bagaimana peta kekuatan politik Golkar tahun 2019 dengan hengkangnya dua kader mereka.

Senada dengan yang disampaikan Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK)  DPD II Partai Golkar Kabupaten Malang, Kusmantoro Widodo yang mengulang jawaban Siadi. Dia menyatakan Golkar tidak menghalangi atau menahan dua anggotanya yang mundur sebagai anggota DPRD dan pindah ke Partai Nasdem.
"Itu pilihan politik mereka. Mereka juga telah resmi mundur tertanggal 27 Juli 2018 untuk Sodikul Amin dan  tertanggal 31 Juli 2018 untuk Achmad Andi. Kami tinggal urus proses pergantian antar-waktu (PAW)-nya," ujarnya. PAW keduanya,  menurut Widodo, akan secepatnya dikirim ke pimpinan DPRD. "Ini agar kursi DPRD dari Partai Golkar tidak terlalu lama dibiarkan kosong," pungkasnya. (*)  


Topik

Politik kader-Partai-Golkar-Kabupaten-Malang Kader-Beringin-Loncat-Pagar Partai-NasDem Pemilihan-Legislatif Pileg-2019



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Yunan Helmy