Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hoax, Pesan Berantai Kuota Internet Gratis 20 GB

Penulis : Dede Nana - Editor : Yunan Helmy

29 - Jul - 2018, 15:15

Placeholder
Screenshot dari situs https://hqvr.win/id-20gb (Nana)

Hampir sepekan lebih,  berbagai grup WhatsApp (WA) dibanjiri pesan berantai mengenai kuota internet gratis dengan kapasitas 20 gigabyte (GB) selama 2 bulan atau 60 hari untuk semua operator seluler. 

Pesan berantai di berbagai grup WA tersebut, tentunya mengundang rasa penasaran besar. Pengguna HP diminta meng-klik pesan bertulisan,  "*Koneksi Internet GRATIS 20 GB*. Dapatkan 20 GB internet gratis selama 60 hari untuk setiap operator seluler. *Saya baru saja mengaktifkan * https://hqvr.win/id-20gb". Sudah terbayang mendapatkan kuota internet gratis. 

Ternyata, seperti banyaknya pesan berantai di medsos,  pesan tersebut hanyalah hoax. Melalui FAQ WhatsApp,  disampaikan penjelasan panjang mengenai hoax-nya pesan tersebut di bawah ini. 

Anda mungkin menerima spam dari pihak ketiga yang tidak sah dan bukan dari WhatsApp.

Kami dengan giat berupaya untuk mengurangi pesan-pesan spam yang datang melalui sistem kami. Menciptakan ruang yang aman bagi para pengguna untuk berkomunikasi dengan satu sama lain adalah prioritas utama kami. Namun, seperti halnya dengan SMS biasa atau panggilan telepon, adalah mungkin bagi pengguna WhatsApp lain yang memiliki nomor telepon Anda untuk menghubungi Anda. Oleh karena itu, kami ingin membantu Anda mengidentifikasi dan menangani pesan-pesan ini.

Pesan-pesan tak diinginkan dari pihak ketiga yang tidak sah datang dalam berbagai format, seperti misalnya spam, tipuan (hoax), dan pesan pengelabuan (phishing). Semua tipe pesan tersebut secara luas dikategorikan sebagai pesan tak diinginkan dari pihak ketiga yang tidak sah yang mencoba untuk menipu dan mendorong Anda untuk melakukan tindakan tertentu.

Anda mungkin saja sedang menjadi target skema penipuan jika yang di bawah ini mendeskripsikan pesan yang Anda terima, melalui WhatsApp atau email:

Pengirim pesan mengaku berafiliasi dengan WhatsApp.

Pesan berisi instruksi yang meminta Anda untuk meneruskan pesan.

Pesan mengklaim bahwa Anda dapat menghindari hukuman, seperti suspensi/blokir akun jika Anda meneruskan pesan tersebut.

Pesan berisi imbalan atau hadiah dari WhatsApp atau orang lain.

WhatsApp juga menuliskan,  apabila menerima pesan-pesan tersebut, WA merekomendasikan Anda untuk memblokir pengirim pesan, mengabaikan isi pesan dan menghapusnya. Untuk mempelajari selengkapnya mengenai cara memblokir, silakan baca artikel FAQ ini. Untuk melindungi kontak-kontak Anda dari potensi bahaya, mohon jangan pernah meneruskan pesan-pesan ini kepada mereka.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pesan tipuan (hoax) secara umum, silakan baca blog kami.”

Penjelasan tersebut secara resmi menyatakan,  bahwa pesan berantai di atas 100 persen hoax. 

Masih mau menyebarkan pesan hoax tersebut? (*) 


Topik

Peristiwa pesan-hoax pesan-berantai hoax-pesan-gratis-20gb



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Yunan Helmy