Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Tiga Kepala Desa di Kota Batu Kosong, November Pilkades Serentak

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

29 - Jul - 2018, 15:00

Placeholder
Ilustrasi (JatimTIMES)

Kekosongan jabatan terjadi pada beberapa kepala desa di Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Totalnya ada tiga kepala desa yang sementara dijabat oleh pj (penjabat) yakni Desa Pendem, Desa Mojoreko dan Desa Tlekung.

Habisnya masa jabatan beberapa kepala desa itu ada yang dimulai pada tahun 2017 hingga terbaru bulan Juni 2018 lalu. Kosonganya jabatan kepala desa ini sengaja dilakukan, karena akan dilakukan pemilihan kepada desa (pilkades) secara serentak.

“Masa jabatan habisnya kepala desa itu dimulai sejak tahun 2017 lalu. Kenapa tidak segera kami isi? Karena memang akan diadakan pilkades serentak nantinya,” ungkap Camat Junrejo, M. Adhim.

Rinciannya untuk Desa Tlekung masa jabatan selesai  sejak bulan Juli 2017. Lalu Desa Mojorejo habis pada bulan Juni 2018, dan Desa pendem bulan Mei 2018.

Saat ini mereka diisi oleh PJ sampai dengan dilantiknya kades definitif hasil pilkades nantinya. Rencananya Pilkades bakal dilaksanakan di tiga desa tersebut pada bulan November 2018 mendatang. “Rencananya Pilkades akan kami gelar bulan November, akhir tahun 2018 ini sesuai dengan jadwal,” imbuhnya, Minggu (29/7/2018).

Sementara itu Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menambahkan Pilkades serentak ini sudah mendapatkan persetujuan dari Gubernur Jatim. Rencanya bakal dilaksanakan pada 23 November 2018 mendatang. “Kita tahun ini akan menggelar Pilkades serentak. Sehingga posisi kepala desa sekarang sedang kita kosongi sementara,” ujar Punjul.

Untuk mensukseskan pilkades bulan November mendatang, pada 8 Agustus nanti rencananya akan segera dibentuk panitia Pilkades tingkat Kota. "Begitu surat dari Gubernur turun, kami langsung membuat Perwali terkait pembentukan panitia ini," tambahnya. 

Menurutnya untuk Pilkades serentak ini setiap desa bakal diberi anggaran sebesar Rp 75 juta. Dengan demikian untuk ke tiga desa ini Pemkot Batu bakal mengeluarkan anggaran Rp 225 juta. 

Anggaran ini akan dimasukkan ke dalam Perubahan Anggaran Keuangan, karena baru mendapatkan SK dari Gubernur. 


Topik

Pemerintahan Tiga-Kepala-Desa-di-Kota-Batu-Kosong Pilkades-Serentak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya