Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Lewat Saduluran Salawase, Dirut PDAM Kabupaten Malang Terpilih Jadi Ketua DPD Perpamsi Jatim

Penulis : Dede Nana - Editor : A Yahya

29 - Jul - 2018, 13:15

Placeholder
Dirut PDAM Kabupaten Malang Syamsul Hadi saat menyabet gelar TOP CEO BUMD PDAM 2018. Kini atas prestasinya Syamsul menduduki jabatan Ketua Umum DPD Perpamsi Jatim 2018-2022 (Ist)

Prestasi Kabupaten Malang kembali mencuat di skala provinsi Jawa Timur (Jatim). Kini,  prestasi tersebut direbut oleh  Syamsul Hadi Direktur Utama (Dirut)  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), yang terpilih menjadi Ketua Umum DPD Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Jawa Timur (Jatim) periode 2018/2022.

Prestasi ini tentunya tidak mudah diraih. Selain berbagai penilaian atas kinerja maupun sosok kepemimpinan di PDAM, juga berbagai faktor lainnya menjadi alat ukur seorang Dirut bisa menduduki jabatan ketua umum Perpamsi Jatim.  

Seperti diketahui,  Perpamsi merupakan wadah perhimpunan PDAM yang memiliki peranan besar  dalam pengaturan kegiatan donatur yakni pemerintah dan penanam modal dengan PDAM dalam penyediaan dan pelayanan air bersih. Dalam proses melakukan sinkronisasi,  koordinasi serta berbagai langkah strategis untuk menyelaraskan dua kepentingan yaitu bisnis dan pelayanan sosial. Tentunya memerlukan sosok yang bukan saja mampu menggerakkan roda perusahaan saja. Tapi juga kepekaan dan kecerdasan sosial. 

Berpijak dari dua keterampilan itulah,  Syamsul Hadi terpilih menjadi Ketua Umum DPD Perpamsi Jatim dalam Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Daerah  (Mapamda) XIII di Jember,  Jatim,  yang berlangsung antara tanggal 26-28 Juli 2018 kemarin. 

Dirut PDAM Kabupaten Malang Syamsul Hadi (kiri) dan Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dalam suatu acara (Ist)

Syamsul Hadi secara sadar mengusung motto dalam visi dan misinya di Mapamda yang bertajuk Saduluran Salawase (bersaudara selamanya,  red). Motto ini berpijak pada kecerdasaan emosi seorang pemimpin dalam menjalankan dua keping mata logam secara beriringan. Bisnis untuk mendapatkan keuntungan sekaligus tidak menihilkan peran dan fungsinya sebagai pelayanan masyarakat. 

"Lewat hati maka PDAM di Jatim bisa bangkit bersama-sama. Saduluran Salawase adalah konsep kekeluargaan yang lahir dari hati terbuka. Dengan dasar bersaudara selamanya,  maka saya yakin segala tantangan di PDAM Jatim bisa diatasi," kata Syamsul Hadi Dirut PDAM Kabupaten Malang yang meraih penghargaan sebagai TOP CEO BUMD PDAM tahun 2018, Minggu (29/7/2018). 

Motto inilah yang akhirnya mampu mengantarkan Syamsul Hadi menjadi Ketua Umum DPD Perpamsi Jatim. Tentunya dalam tataran praktisnya,  motto ini diterjemahkan dalam visi  misi dan program kerjanya. 

Syamsul Hadi menjelaskan,  visi yang akan diwujudkan di Perpamsi Jatim untuk periode kepemimpinannya adalah membangun PDAM Jatim yang jumlahnya 38 menjadi perusahaan sehat dan profesional. Sedangkan misinya selama lima tahun ke depan (2018-2022) dibagi empat. 

Pertama,  meningkatkan kualitas kelembagaan dan profesionalitas pengurus,  kedua memberdayakan  Perpamsi Jatim sebagai mitra pemerintah dan berkontribusi dalam penyusunan kebijakan atau peraturan perundangan yang berkaitan dengan Perusahaan Air Minum. 

"Misi ketiga,  memfasilitasi pengembangan sumber daya manusia dan teknologi informasi  dengan sistem transfer knowledge diantara anggota. Terakhir,  menumbuhkan solidaritas dan kebersamaan serta mempererat kerjasama diantara pengurus dan seluruh anggota," urai Syamsul Hadi yang juga membawa PDAM Kabupaten Malang sebagai TOP BUMD 2018.

Di kesempatan berbeda,  Humas PDAM Kabupaten Malang, Eko Priyo Ardianto menyatakan, rasa bangga dengan raihan yang dicapai oleh pemimpinnya di Perpamsi Jatim.   "Kami atas nama keluarga besar PDAM Kabupaten Malang   mengucapkan selamat atas dilantiknya Dirut kami sebagai Ketua DPD Perpamsi Jatim Periode 2018-2022," ucapnya. 

Eko juga mendoakan dengan terpilihnya Syamsul Hadi, diharapkan Perpamsi Jatim akan semakin maju dan baik ke depannya dalam  mensinergikan hati menuju PDAM sehat dan profesional. "Kami percaya melalui kepemimpinan bapak Syamsul Hadi,  Perpamsi akan semakin maju," pungkasnya. 


Topik

Peristiwa Dirut-PDAM-Kabupaten-Malang Ketua-DPD-Perpamsi-Jatim Saduluran-Salawase



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

A Yahya