Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Bupati Situbondo: Aktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila di Masyarakat

Penulis : Heru Hartanto - Editor : Yunan Helmy

23 - Jul - 2018, 12:56

Placeholder
Bupati Situbondo di podium saat memberikan sambutan pada kegiatan penguatan aktualisasi nilai-nilai Pancasila. (Foto Heru Hartanto/Situbondo TIMES)

Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH minta peserta acara Penguatan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo mengaplikasikan secara nyata hasil kegiatan itu di tengah-tengah masyarakat, Senin (23/07/2018).

“Saya berharap kepada seluruh peserta agar mampu mengaplikasikan kegiatan ini dalam kehidupan masyarakat desa. Kegiatan ini tidak tidak cukup berdiskusi di meja sini, tapi harus didiskusikan atau disosialisasikan kepada seluruh penjuru masyarakat desa maupun kota dalam konteks yang ada hubungannya dengan kepentingan banyak orang,” kata Bupati Dadang.

Aktualisasi nilai-nilai Pancasila, sambung Bupati Dadang, jika dilaksanakan baik, maka dampaknya sangat luar biasa bagi kepentingan seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo. “Maka itu, saya anjurkan kepada Bakesbangpol Kabupaten Situbondo agar melaksanakan program Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila lebih besar lagi dan jangan hanya terpaku pada program-program rutinan setiap tahun saja. Akan tetapi, mampu memilih program serupa yang berkelanjutan, sehingga aplikasi nilai-nilai Pancasila ini hidup ditengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Program Penguatan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila, sambung Bupati Dadang, tidak bisa hanya dilakukan oleh Bakesbangpol saja. Tapi, penguatan aktualisasi nilai-nilai Pancasila ini harus dilakukan bersama-sama. “Saya lihat meskipun jumlah dari yang hadir pada kegiatan ini tidak sampai ratusan peserta, tetapi saya melihat semangat para peserta ini nantinya mampu mengaplikasi pengutan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat,” paparnya.

Bupati dua periode ini sangat berharap kepala Bakesbangpol bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM, tokoh-tokoh organisasi yang lainnya turun keblapangan untuk mengawal program pemerintah ini, di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo Edi Susilo dalam sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya penguatan aktualisasi nilai-nilai Pancasila ini, untuk meningatkan kembali tokoh organisasi, tokoh masyarakat, tokoh agama dan LSM serta pengurus organisasi lainnya yang hadir pada kegiatan ini.

“Bagi kita, bangsa dan negara Republik Indonesia, Pancasila adalah dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Kedudukan dan fungsi Pancasila ini bersifat hakiki sehingga berbagai kedudukan dan fungsi Pancasila yang lain, seperti jiwa dan kepribadian bangsa, ideologi nasional, perjanjian luhur, tujuan bangsa, kepribadian manusia Indonesia, dapat dikembalikan pada sifat hakiki. Oleh karena itu, Bakesbangpol melaksanakan kegiatan penguatan aktualisasi nilai-nilai Pancasila ini,” jelas Edi. 

Lebih lanjut, Edi mengatakan, Pancasila merupakan nilai-nilai luhur yang harus dihayati dan dipedomani bagi seluruh warga negara Indonesia termasuk warga Kabupaten Situbondo dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Penghayatan yang mendalam atas nilai-nilai dasar Pancasila akan memperkuat identitas, jati diri, dan karakter masya­rakat Indonesia yang berkepribadian Pancasila. “Kegiatan ini kita laksanakan agar mereka tidak lupa dengan pedoman Pancasila,” tuturnya.

Sekadar diketahui, kegiatan penguatan aktualisasi nilai-nilai Pancasila itu diikuti oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM), Pengurus Organisasi Muhammadiyah, PC NU, Fatayat NU, Al Irsyad, Pemuda Khatolik, Paroki dan pengurus organisasi kemasyarakat yang lainnya.

Adapun yang menjadinara sumber dari kegiatan ini, yaitu Boedi Soekorilanto (kepala Bidang Integrasi Bangsa Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur dengan materi penguatan wawasan kebangsaan), Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf M. Juni Toa dengan materi ketahanan nasional dan wawasan kebangsaan. (*)


Topik

Pendidikan Bupati-Situbondo Pancasila H-Dadang-Wigiarto-SH Penguatan-Aktualisasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Heru Hartanto

Editor

Yunan Helmy