Wahana enterprise bisa berjalan hingga kemiringan 80 derajat di Jatim Park 1. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Wahana enterprise bisa berjalan hingga kemiringan 80 derajat di Jatim Park 1. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Suka dengan wahana yang memacu adrenalin? Jika iya, Jawa Timur Park 1 punya wahana yang bakal memacu ketegangan Anda. Nama wahana baru ini adalah Enterprise Ride.

Wahana ini bermainnya berputar-putar. Mulai dari sejajar hingga kemiringan 80 derajat. Kecepatan berputarnya bal tornado, mencapai 50 km per jam.

Wisatawan akan diajak berputar dengan kecepatan 50 km per jam selama kurang lebih tiga menit. Selain di putaran sejajar, juga dalam kemiringan 80 derajat.

Untuk menaiki wahana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain tinggi badan minimal 120 cm, berat badan maksimal 75 kg per orang.

“Yang memiliki riwayat punya penyakit jantung tidak diperkenankan untuk menaiki wahana ini. Untuk anak-anak, asal tinggi dan berat sesuai, tidak masalah,” Budi Handoko, GRO (general register office) Jatim Park 1.

Dari pantauan BatuTIMES, awalnya banyak pengunjung yang menjajal wahana ini masih bersantai. Tetapi saat mesin mulai dihidupkan dan berputar perlahan, mereka mulai berteriak.

Lama-kelamaan mulai terlihat kemiringannya. Sejumlah pengunjung yang menjajal wahana itu tidak berhenti berteriak. Wahana ini asalnya dari Australia.

Lalu, bagaimana dengan tingkat keamanan? Jangan  takut. Sebab, Enterprise Ride sudah diberi ketentuan sesuai dengan keamanan. “Selain dalam pengawasan, wahana juga rutin dicek, baik keadaan mesin ataupun sekadar perawatan,” kata Budi.

Enterprise Ride bukan satu-satunya wahana yang ekstrem. Masih banyak wahana lain yang memicu ketegangan saat bermain. Apalagi memang setiap tahun, Jatim Park 1 selalu menyuguhkan beberapa  wahana yang baru.

“Setiap tahun mungkin di sini selalu menghadirkan tiga yang baru. Tentunya berimbang. Ada yang ekstrem dan tidak,” ujar Budi. (*)