Halal Bihalal PKBM se Kota Blitar bersama Dinas Pendidikan

Halal Bihalal PKBM se Kota Blitar bersama Dinas Pendidikan



Meski momentum bulan Syawal sudah berjalan lebih 21 hari, Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kota Blitar bersama Lembaga Pendidikan Non Formal Se-Kota Blitar menggelar halal bihalal. Bertempat di PKBM Tunas Pratama Kota Blitar, Sabtu (7/7/2018), Halal Bihalal tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang penguatan visi pendidikan non formal, khususnya pada pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan di Kota Blitar.

Menurut Mokhamad Sidik, Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Halal Bihalal ini merupakan momentum untuk memperkuat silaturahim antara Dinas Pendidikan Kota Blitar dengan Pegiat Pendidikan Non Formal di Kota Blitar.

“Kedepan diharapkan semakin banyak inovasi, kreativitas, dan gebrakan yang mencakup tentang Program Pendidikan Non-Formal di Kota Blitar. Hal ini didasarkan pada perubahan regulasi terkait pengembangan pendidikan nonformal baik di tingkat pusat hingga daerah. Meski mayoritas teman-teman sudah berhasil menjalankan UNBK, dan beberapa program kementerian lain, kami berharap kedepan bisa lebih baik lagi,” ucap M.Sidik.

Pendidikan Non Formal sendiri dalam UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, merupakan pendidikan yang mencakup tentang pendidikan kecakapan hidup (PKH), pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan kesetaraan (Kejar Paket), serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

Lebih lanjut, Lulus Priyo Ananto, Kabid PAUD dan PNF Kota Blitar, menambahkan, jika dulu Pendidikan Nonformal hanya sebagai pelengkap pendidikan formal, maka kini pendidikan nonformal harus berjalan beriringan dengan pendidikan formal. “Hal ini mencakup tentang pendidikan masyarakat yang tupoksinya berada pada bidang kami,” katanya.

Sementara itu, Direktur PKBM Tunas Pratama Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya, menambahkan, kegiatan ini merupakan langkah yang baik, mengingat ke depan banyak program Pendidikan Non Formal, khususnya Pendidikan Masyarakat yang harus disupport oleh Dinas Pendidikan Kota Blitar.

“Disdik harus mensuport banyak program di PKBM  seperti Program Kewirausahaan, Program Peningkatan SDM Tutor, Program Job Center yang akan melibatkan PKBM Se-Kota Blitar. Dan kami berharap Dinas Pendidikan Kota Blitar juga terus memberikan masukan dan arahan kepada kami,” ungkap Rangga.

Dalam acara tersebut digelar Rembuk Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Kesetaraan, Hiburan Electhone, serta dihadiri oleh Forum PKBM Kota Blitar, Himpaudi Kota Blitar, K3TK Kota Blitar, serta PGTK Kota Blitar.


End of content

No more pages to load