Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Normalisasi Saluran Air Kawasan Pasar Blimbing, Satgas DPUPR Keluarkan Sampah Satu Truk

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

25 - Jun - 2018, 15:34

Placeholder
Satgas DPUPR tampak melakukan normalisasi saluran air di kawasan Pasar Blimbing. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Penanggulangan banjir dan  genangan air di beberapa ruas jalanan Kota Malang terus dilakukan Satuan Tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang. Kali ini, Satgas DPUPR  Kota Malang melakukan normalisasi saluran air di depan Pasar Blimbing, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

Namun saat melakukan normalisasi, satgas DPUPR dibuat tercengang dengan temuan-temuan saat normalisasi di saluran air depan Pasar Blimbing. Betapa tidak, setelah tiga kali ini melakukan normalisasi, temuan sampah didalam saluran air jika dikumpulkan mencapai satu truk lebih.  

"Ya tiga kali ini. Kemarin sampah yang diangkat dari dalam saluran air bahkan sampai satu truk. Untuk hari ini, kami lakukan normalisasi dan ternyata masih ditemukan banyak sampah di saluran air," beber Hari Widodo, koordinator Satgas DPUPR Kota Malang.

Namun, selama melakukan normalisasi, Satgas DPUPR memang sedikit harus bersusah payah untuk masuk ke dalam saluran air. Pasalnya. di sekitaran kawasan Pasar Blimbing, minim adanya bak kontrol yang sebenarnya merupakan elemen penting mencegah banjir.

"Selain itu, karena beton cor yang menutupi saluran air cukup tebal, untuk menjebol butuh waktu," ungkap Bengbeng. sapaan akrab koordinator Satgas DPUPR Kota Malang ini.

Setelah beberapa jam dilakukan normalisasi, terlihat saluran air yang sebelumnya alirannya terhambat akibat tumpukan sampah yang mengendap, kini terlihat sudah mengalir dengan lancar. "Diperkirakan sampah-sampah yang terdiri mulai dari popok, plastik, sandal, sepatu, dompet dan lain-lain itu sudah menumpuk dan mengendap di dasar saluran air sudah lama," ungkapnya.

Setelah selesai normalisasi ini, pihaknya masih akan tetap fokus melakukan pemantauan hingga tuntas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika masih saja terjadi banjir dikawasan depan Pasar Blimbing.

"Dan sekali lagi, kami menghimbau, untuk pencegahan banjir, peran serta masyarakat sekitar untuk turut menjaga kebersihan saluran air sangat diperlukan. Masyarakat jangan membuang sampah sembarangan, sehingga saluran air bisa mengalir dengan lancar," pungkasnya. (*)


Topik

Pemerintahan DPUPR-Kota-Malang Pasar-Blimbing



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy