Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Aa Gym Sentil ASN Pemkot Batu Tidak Tengil, Apa Itu?

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

25 - Jun - 2018, 14:45

Placeholder
Aa Gym saat berdakwah di hadapan ratusan ASN dan masyarakat di Masjid Masjid Brigjen Soegiyono, Balai Kota Among Tani, Senin (25/6/2018). (Foto: istimewa)

KH Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym menyapa masyarakat dan aparatur sipil negara (ASN) Kota Batu dalam Kajian Dhuha Pemkot Batu, Senin (25/6/2018). Aa Gym pun berpesan kepada para ASN dan para pemimpin khususnya agar menjauhi penyakit yang disebut ‘tengil’.

‘Tengil’ ini adalah singkatan yang dibuat Aa Gym. Jabarannya adalah T atau takabur, E dari egois, N yakni norak atau penyakit suka dipuji. Sedangkan G adalah galak. Sementara I yaitu iri dan huruf yang terakhir adalah L adalah licik.

"Saya berpesan untuk meninggalkan enam sifat ini sebagai pemimpin,” ungkap Aa Gym saat berdakwah di Masjid Masjid Brigjen Soegiyono, Balai Kota Among Tani.

Kajian dhuha yang bertemakan Menata Hati dan Meraih Kebahagiaan ini dihadiri oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo, dan ratusan ASN. Mereka pun sepakat menghindari dan menjauhi penyakit tengil.

Aa gym juga berpesan agar menahan amarah dan harus tegas. Ia pun secara mendetail membeberkan penjelasan antara marah dan tegas. Jika marah, nafsu amarah tidak ada habisnya.

“Berat jadi pemimpin. Menahan amarah lebih susah. Sedangkan tegas cirinya dua, fakta dan akurat,” imbuh pria yang mengenakan surban putih dan baju muslim merah marun ini.

Ia menambahkan agar melakukan salat lima waktu tepat waktu dan berjamaah di masjid. “Kuncinya berjamaah di masjid, perbaiki salat. Semua jadi baik tapi jangan lupa istigfar dan sedekah,” kata pelantun lagi Jagalah Hati tersebut.

Melakukan dakwah di Kota Batu merupakan pengalaman pertama bagi Aa Gym. Pengalaman pertama ini memberikan kesan serasa berada di rumah sendiri. 

Saat menyampaikan dakwahnya itu, Aa Gym menyampaikannya dengan penuh canda tawa. Banyak materi dakwah yang diramu dengan candaan.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Batu Santi Restuningsasi mengatakan kedatangan Aa Gym  merupakan kegiatan spesial Lebaran di Masjid Brigjen Soegiyono Balai Kota Among Tani untuk memberikan tausyiah kepada ASN dan masyarakat Kota Batu.

"Semoga hadirnya dai kondang ini lebih membuat masyarakat Kota Batu lebih religuis dan agamis. Dan ini merupakan kegiatan setiap tahun digelar usai gebyar ketupat,” jelas Shanti. (*)


Topik

Agama Aa-Gym ASN-Pemkot-Batu Kajian-Dhuha-Pemkot-Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy