Surat imbauan ke kejaksaan dan ASN di Pemkab Tulungagung. / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Surat imbauan ke kejaksaan dan ASN di Pemkab Tulungagung. / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Lebaran yang serentak dengan dibarengi libur panjang disambut hangat oleh para ASN (aparatur sipil nagara) di Kabupaten Tulungagung. Apalagi libur Lebaran juga dibarengi dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Tenaga Kerja-Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta arahan jaksa agung Republik Indonesia yang memberikan imbauan agar tidak melakukan open house selama Lebaran tahun 2018 ini. 
"Senang, dengan adanya iimbauan itu, kamj sekeluarga bisa libur nyata tanpa takut adanya undangan dan kewajiban open house dari atasan pada Lebaran ini," kata Arif Rahman, salah satu PNS yang liburan ke kampung halaman di Tulungagung. 

Imbauan itu dibenarkan oleh Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tulungagung Dodi Wicaksono. Menurut dia, imbauan diberikan agar para ASN di lingkungan kejaksaan bisa memanfaatkan libur bersama keluarga dan bisa silaturahmi ke kerabat dengan tenang. 
"Kan biasanya jika ada open house, banyak pegawai yang dilematis. Tidak hadir itu karena open house dilakukan atasan. Hadir juga terkadang masih sibuk berlebaran atau mudik," kata Dodi 

Untuk itu, dengan adanya imbauan tersebut, para pegawai diharapkan dapat menikmati libur panjang dan maksimal menggunakan kesempatan bersama keluarga selama lebaran. "Itu bersifat imbauan. Jadi, tidak mengatur tentang sanksi bila ada acara open house juga," jelasnya.

Kabid Humas Pemerintah Kabupaten Tulungagung Sudarmaji mengaku juga mendapatkan imbauan tersebut. Namun, menurut dia, surat imbauan yang dimaksud berisi tentang libur Lebaran berlaku dari 11 Juni hingga 20 Juni 2018. Dalam kurun waktu libur tersebut, para pimpinan diimbau untuk tidak mengadakan acara open house. 

Menurut dia,, jika tidak patuh pada imbauan itu, bisa saja pegawai negeri di lingkungan pemkab mendapatkan sanksi. "Sama, tentu akan ada sanksinya," kata Sudarmaji singkat saat dikonfirmasi terkait hal tersebut 

Jika ada acara halalbihalal, diharapkan diselenggarakan setelah libur yang diberikan agar para PNS dapat bersilturahmi dengan keluarga selama Lebaran ini. (*)