Ilustrasi akte kelahiran (tegalkota.go.id)
Ilustrasi akte kelahiran (tegalkota.go.id)

Beban anak-anak penghuni panti asuhan yang memang belum memiliki dokumen akte kelahiran bisa sedikit berkurang. Itu karena pada Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang memberikan sekitar 300 akta kelahiran secara gratis kepada anak-anak panti asuhan yang belum memiliki akta kelahiran. 

Jumlah akta yang diberikan tersebut terhitung mulai awal tahun hingga bulan Mei 2018. Akta kelahiran sendiri merupakan dokumen penting untuk mereka mendapatkan hak berupa pendidikan, jaminan sosial, jaminan kesehatan, dan perlindungan hukum.

Maka dari itu, jika mereka tidak mempunyai akte kelahiran, maka keberadaan mereka tidak tercatat dan diakui negara sehingga akan menyulitkan anak tersebut nantinya

Kepala Dinsos Kota Malang Sri Wahyuningtyas melalui Sekretaris Dinsos yakni Pipih Tri Astuti mengungkapkan, akte kelahiran juga merupakan salah satu hak yang wajib mereka dapatkan untuk diakui negara. Dengan memiliki akta kelahiran, urusan anak tersebut dalam mengurus administrasi yang diperlukan bakal lebih mudah.

"Karena setiap mendaftar sekolah, perlu akta kelahiran. Maka dari itu, sangatlah penting dan sudah dijamin undang-undang," ungkapnya

Lanjutnya, untuk mereka yang belum memiliki akte, pengurus panti nantinya akan menjadi kordinator untuk mendapat anak-anak yang belum memiliki akte. Setelah itu, mereka akan mengusulkan ke Dinsos Kota Malang.

"Nah dari Dinsos merekomendasikan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Mereka yang syarat-syaratnya lengkap, akan di prioritaskan," jelasnya

"Syarat Dispendukcapil sementara harus Surat Keterangan Orang Terlantar (SKOT) dulu selama setahun dua tahun, kemudian baru dimasukan Kartu Keluarga (KK) dimana ia tinggal, baru kemudian mengajukan akte,"tambahnya.

Dan kedepan, rencananya Dinsos akan kembali untuk memberikan akte kembali kepada anak-anak yatim di panti asuhan. Rencananya akte yang akan diberikan berjumlah sekitar 200 akte.

"Namun saat ini masih belum, masih dibahas lagi, renacananya memang segitu. Dispendukcapil sendiri sudah sangat welcome untuk itu, yang penting persyaratannya lengkap," jelasnya

Sementara itu, bukan kali ini saja Dinsos memberikan akta kelahiran secara gratis. Tahun 2017, sudah 950 lebih akta kelahiran yang diberikan secara gratis kepada anak-anak panti asuhan.