Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Tahun Ini, PDAM Kabupaten Malang Targetkan 5 Ribu Sambungan Baru Terealisasi

Penulis : Imam Syafii - Editor : Heryanto

05 - Jun - 2018, 13:23

Placeholder
Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang, Syamsul Hadi. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

Untuk mewujudkan akses saluran air bersih di wilayah Kabupaten Malang, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten tahun ini menargetkan realisasi 5 ribu sambungan baru.

Untuk merealisasikan program tersebut, Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang, Syamsul Hadi menargetkan 5 ribu saluran baru itu rampung akhir tahun ini.

"Tahun ini kami akan menyelesaikan 5 ribu sambungan baru. Hingga saat ini sudah terealisasi sekitar separonya yakni 2.500 sambungan. Kami optimis akhir tahun program itu selesai," kata Syamsul.

Tahun sebelumnya yakni 2015 - 2017 Pemkab Malang sudah merealisasikan 18.320 sambungan baru dengan menghabiskan dana Rp 65 miliar.

Lebih lanjut Syamsul menerangkan saat ini PDAM Kabupaten Malang sudah melayani 112.786 sambungan rumah.

Meskipun layanan ini masih sepertiganya, namun akses air bersih masyarakat Kabupaten Malang sudah mencapai 92.5 persen. 

Dibantu akses non perpipaan 20,2 persen dan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) sebanyak 40 persen. 

"Memang tugas kami belum selesai. Semua tinggal 7,5 persen. Kami menargetkan mulai tahun ini hingga empat tahun ke depan sambungan air bersih di Kabupaten Malang sudah rampung semua," terangnya.

Strategi untuk merealisasikan program sambungan rumah yang menyisakan sekitar 7,5 persen itu, kata Syamsul pihaknya akan memberikan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat Kabupaten Malang.

"Kami nanti akan menggelar workshop dan pelatihan berbasis teknologi informasi. Kalau SDM sudah mumpuni nantinya akan menunjang percepatan pelayanan prima PDAM di Kabupaten Malang," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan berita-malang PDAM-Kabupaten-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Heryanto