Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Bawang Merah dan Putih di Kota Batu Terus Merangkak Naik

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

11 - May - 2018, 20:21

Placeholder
Penjual memilih bawang merah di kiosnya unit sayur Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Bulan Ramadan tinggal menghitung hari, diikuti dengan kenaikan harga sejumlah komoditas. Seperti halnya pada komoditas jenis bawang merah, dan bawang putih. Harga komoditas ini di unit sayur Pasar Besar Kota Batu terlihat merangkak naik.

Saat ini, untuk harga bawang merah mencapai Rp 22 per kilogram. Padahal, sebelumnya harga bawang merah itu hanya berkisar antara Rp 13 ribu sampai Rp ribu per kilogramnya. Sedangkan untuk bawang putih Rp 15 ribu per kilogram dari harga sebelumnya antara Rp12 ribu sampai Rp 13 ribu kilogram.

Ketua Paguyuban Pedagang Sayur Pasar Besar Kota Batu menjelaskan diperkirakan harga bawang ini akan terus merangkak naik hingga harga maksimal Rp 24 ribu per kilogramnya. Sebab pedagang tidak boleh menaikkan harga bawang tersebut melebihi harga yang telah dipatok. 

“Karena dari provinsi Jawa timur telah menetapkan harga maksimal Rp 24 ribu. Sehingga konsumen tidak perlu khawatir,” kata Agus.

Ia menambahkan, bahwa setiap mendekati bulan Ramadan dan Hari Raya selalu ada kenaikan bahan pokok. Terutama bawang merah dan bawang putih. 

Meskipun  harga naik, tetapi tidak berimbas pasa penjualan. Bahkan sebaliknya, itu terbukti dengan stok bawang yang dihabiskannya dalam waktu cepat. 

Untuk bawang putih saat ini ia bisa menghabiskan 1 ton dalam 3-4 hari. Padahal dibanding tahun sebelumnya habis dalam waktu satu minggu. Sedangkan bawang bawang merah sehari bisa keluar anatar 100-200 kg. 

"Contohnya seperti menjelang Ramadan tahun lalu untuk 1 ton bawang putih habis dalam 1 minggu," tutupnya, Jumat (11/5/2018).


Topik

Ekonomi Bulan-Ramadan Pasar-Besar-Kota-Batu Harga-Bawang-Merah-dan-Putih-Naik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya