Istimewa
Istimewa

Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Jombang berhasil melumpuhkan kurir pembawa Narkotika jenis sabu dengan timah panas di Kabupaten Jombang.

Kurir sabu-sabu berinisial SGT (35) warga RT 08/RW 03 Desa Tamanayu, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang ini, berhasil diamankan petugas di simpang tiga Pabrik Gula Tjoekir Desa Cukir Kecamatan Diwek, Senin (30/4) sekitar pukul 22.30 WIB.

"Untuk mencegah tersangka melarikan diri atau melakukan tindakan yang membahayakan petugas, kepada tersangka terpaksa dilumpuhkan kedua kakinya dengan tembakan," ungkap Kasat Resnarkoba Polres Jombang, AKP Hasran, Rabu (2/4).

Penangkapan terhadap kurir asal Lumajang ini, menurut AKP Hasran berawal dari adanya informasi tentang seorang kurir yang hendak memasuki Kabupaten Jombang dengan membawa barang haram dalam jumlah banyak. Setelah mengolah informasi, lanjut AKP Hasran, petugas akhirnya berhasil mengantongi identitas serta ciri-cirinya SGT yang diketahui sedang berada di sekitar simpang tiga tidak jauh dari PG Tjoekir.

"Petugas unit 1 segera ke lokasi melakukan penangkapan. Namun karena mau kabur terpaksa dilakukan tindakan tegas terukur. setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan ada padanya sejumlah barang bukti terkait dengan peredaran gelap narkoba," ujarnya.

Sementara, dari keterangan Kasat Resnarkoba Polres Jombang, pada kurir tersebut ditemukan barang bukti narkoba dalam jumlah besar yang disimpan rapi dalam empat bungkus plastik. "Barang bukti 400 gram narkotika jenis sabu yang dibawa SGT dikemas dalam empat bungkus plastik klip dan dimasukkan dalam bungkusan plastik warna hitam serta sebuah telepon seluler," beber AKP Hasran.

Saat ini, petugas kepolisian sedang mendalami dan akan melakukan pengembangan untuk mencari pelaku lainnya. "Pelaku sudah dilakukan penahanan di Mapolres Jombang," pungkas AKP Hasran.(*)