Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Jelang Pileg 2019, PKB Buka Pendaftaran Calon Legislatif

Penulis : Eko Arif S - Editor : Yunan Helmy

02 - May - 2018, 10:20

Placeholder
Gus Muid (kiri) usai membuka pendaftaran calon legislatif. (eko Arif s /Kediritimes)

 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Kediri resmi membuka penerimaan bakal calon anggota legislatif (caleg) yang akan maju dalam Pileg 2019 mendatang. 

Dalam pengisian bacaleg, partai berlambang 'sembilan bintang' ini akan mengedepankan keterwakilan perempuan hingga 30 persen, sebagaimana disyaratkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Kita berharap, dengan pembukaan pendaftaran lebih dini ini, maka persiapannya lebih bagus dan persyaratannya bisa terpenuhi semua," kata Ketua DPC PKB Kota Kediri Oing Abdul Muid Shokib dalam launching pendaftaran bacaleg PKB di kediamannya di kompleks Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Selasa (1/5/2018).

"Untuk keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen, kami yakin bisa terpenuhi. Kalau pendaftar banyak caleg perempuan, tentu akan kami seleksi. Kami utamakan yang siap dan layak," kata Gus Muid, panggilan akrab Oing Abdul Muid Shokib.

Pada Pileg 2019 di Kota Kediri nantinya, terjadi perubahan jumlah kursi di tiap-tiap daerah pemilihan (dapil). Dapil satu Kecamatan Kota Kediri sebanyak sembilan kursi atau turun satu kursi dari semula 10 kursi. Dapil dua di Kecamatan Pesantren juga sama sembilan kursi, turun dari sebelumnya 10 kursi. Sementara dapil tiga di Kecamatan Mojoroto naik dua kursi menjadi 12 kursi.

"Di Kecamatan Kota dan Pesantren, kami targetkan keterwakilan perempuan minimal tiga orang. Sedangkan di Kecamatan Mojoroto, target keterwakilan perempuan minimal empat orang. Sekarang sudah ada tiga orang kader perempuan yang daftar dan menurut informasi nantinya banyak," imbuh wakil ketua DPRD Kota Kediri ini.

PKB Kota Kediri mematok target perolehan suara dan kursi di DPRD tertinggi dalam Pileg 2019 mendatang. Apabila PKB sebelumnya hanya mampu mendulang empat kursi akan didongkrak hingga tujuh kursi dan optimistis menyabet posisi ketua DPRD Kota Kediri periode 2019-2024.

"Kemarin empat kursi. Kami berharap ada penambahan satu kursi di tiap dapil sehingga totalnya bisa mencapai tujuh kursi. Syukur-syukur seperti hasil terbaik pada 2004 lalu. Sebab, secara ideologis warga Kota Kediri dekat dengan PKB. Menurut survei, warga yang 'ngaku' NU (Nahdlatul Ulama) di Kota Kediri sebanyak 50 persen," beber Gus Muid.

Mencapai target tinggi tersebut tentunya membutuhkan perjuangan dan kerja keras. Menurut Gus Muid, PKB Kota Kediri sudah mempersiapkan sebuah strategi khusus. Salah satunya adalah merapatkan barisan pada konstituen. Khususnya, bacaleg 'muka lama' yang maju kembali harus memelihara suaranya.

"Kita akan mendekat dengan organisasi yang secara ideologis sevisi dengan PKB, yaitu NU. Lalu, kami juga akan jual visi dan misi PKB kepada masyarakat. Kami yakin ke depan bisa mathuk dengan Kota Kediri. Apalagi nomor kami (PKB) adalah nomor satu, sangat maching," tandas Gus Muid.

PKB Kota Kediri membukan pendaftaran bacaleg hingga akhir Juni 2018 mendatang. PKB mengundang seluruh masyarakat Kota Kediri yang memiliki visi dan misi sama dengan PKB untuk mendekat. "Kami masuk bulan Juli 2018 sudah seleksi. Dan tanggal 29 Juli harus dimasukkan ke sistem online KPU," tandasnya. "PKPU-nya belum keluar dan tentu persyaratan juga belum keluar. Cuma sebagai gambaran, hampir sama seperti sebelumnya," sambungnya.

Diakui Gus Muid, sebelumnya muncul ketentuan baru, yaitu persyaratan bagi bacaleg harus menyertakan laporan harta kekayaan lenyelenggara negara (LKHPN). Tetapi, kemudian syarat tersebut direvisi dan ditoleransi hanya bagi caleg yang sudah terpilih yang wajib menyerahkan LHKPN. (*)


Topik

Politik berita-kediri jelang-pileg-2018 partai-kebangkitan-bangsa-kediri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif S

Editor

Yunan Helmy