Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pimpin Upacara Hari Otoda, Bupati: Saya Tidak Sungkan Pecat Aparat Tak Netral

Penulis : Heru Hartanto - Editor : Yunan Helmy

25 - Apr - 2018, 10:05

Placeholder
Bupati di podium saat pimpin upacara Hari Otoda. (Foto Heru Hartanto Situbondo / TIMES)

Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH memimpin langsung upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXII, Rabu (25/4/2018). Tak ketinggalan, bupati membacakan amanah menteri dalam negeri RI.

Mengutip amanat mendagri, Dadang menerangkan bahwa jika otonomi daerah mampu diselenggarakan secara bersih dan demokratis kemudian diiringi dengan bersemainya berbagai inovasi di daerah, maka nawacita yang merupakan cita-cita bersama akan terwujud dan menjadi sebuah inovasi yang baik dan bervariasi serta berkelanjutan.

Tidak bisa dipungkiri, kata bupati, selama 22 tahun implementasi otonomi daerah, sudah begitu banyak hal positif yang dirasakan rakyat. Antara lain pembangunan sarana dan prasarana semakin menggeliat sesuai potensi daerah dengan tingkat akurasi yang tinggi serta mengakomodasi keinginan masyarakat..

"Otonomi daerah telah mendorong adanya proses pengambilan keputusan publik yang lebih partisipatif, juga demokratis. Dari otonomi daerah yang kita rasakan bersama adalah munculnya pemerintahan yang lebih responsif akan kebutuhan masyarakat setempat. Peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial juga turut terdorong sehingga tercipta pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel," tuturnya.

Selain itu, banyak bermunculan inovasi yang dilakukan daerah  Kabupaten Situbondo dalam upaya membangun dan menyejahterakan masyarakat. "Adapun yang menjadi tantangan besar bersama bagaimana menyebarkan sebanyak mungkin buah positif otonomi daerah ke pelosok desa terutama saudara-saudara kita yang berada di daerah terpencil," ujarnya.

Untuk itu, bupati menekankan, ada tiga hal yang menjadi perhatian bersama. Pertama, integritas dan etika profesionalisme bagi para pemimpin dan penyelenggara pemerintahan daerah dalam implementasi kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah. "Oleh karena itu, saya tidak pernah berhenti mengajak dan menekankan kepada seluruh jajaran pemerintah daerah sebagai pelaku pembangunan untuk senantiasa mengedepankan nilai dasar revolusi mental, yaitu integritas etos kerja dan gotong-royong, " kata bupati menyampaikan amanat mendagri.

Kedua, yang menjadi perhatian dan komitmen bersama adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Untuk itu, reformasi birokrasi terus dilakukan baik di bidang kelembagaan peningkatan kapasitas aparatur, akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang menjadi kunci keberhasilan dalam implementasi kebijakan otonomi.

"Yang ketiga upaya ikatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah harus terus menjadi prioritas utama kebijakan di semua level pemerintah daerah," paparnya.

Menteri dalam negeri juga mengingatkan bahwa pada tahun 2018 ada dua peristiwa besar dan penting yang akan digelar dan dilaksanakan. Yakni penyelenggaraan pilkada serentak 2018 pada 27 Juni 2018 di 171 daerah yang terdiri dari 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota.

"Saya imbau kepada seluruh aparatur sipil negara untuk menjaga netralitas selama selama pilkada berlangsung. Pemerintah tidak akan sungkan memberi sanksi tegas jika ada aparatur sipil negara yang coba-coba menjadi tim sukses calon kepala daerah atau juru kampanye serta memberikan bantuan fasilitas dan kampanye atau bentuk tindakan tidak netral lainnya," pungkasnya. (*)


Topik

Pemerintahan berita-situbondo upacara-peringatan-Hari-Otonomi-Daerah-XXII Bupati-Situbondo H-Dadang-Wigiarto-SH



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Heru Hartanto

Editor

Yunan Helmy