Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Inovasi GAMPIL dan Singo Antarkan Kota Malang Raih Penghargaan Publik Ini

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

24 - Apr - 2018, 17:02

Placeholder
Kepala Dispendukcapil Kota Malang Eny Hari Sutiarny menerima piagam penghargaan dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Fattah Jasin. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

Inovasi GAMPIL (Gesit, Aktif, Merakyatnya Dispenduk Capil) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang mendapat apresiasi di tingkat provinsi. Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berhasil meraih Penghargaan Public Service Of The Year Provinsi Jawa Timur 2018 yang diserahkan hari ini (24/4) di Ballroom Shangri-la Hotel Surabaya.

Selain Dispendukcapil Kota Malang, penghargaan tersebut juga diberikan atas pelayanan dari PDAM Kota Malang serta Kelurahan Sawojajar. Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap kinerja aparatur sipil negara (ASN), khususnya di bidang pelayanan publik. 

"Ke depan, saya berharap agar dengan adanya penghargaan ini tidak menyurutkan semangat kita semua untuk terus meningkatkan kinerja kita dalam rangka memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat," tegas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur tersebut.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Malang Eny Hari Sutiarny mengatakan bahwa pihaknya bersyukur atas diraihnya penghargaan tersebut. "Karena ini merupakan wujud apresiasi yang diberikan terhadap kinerja kami, khususnya dalam rangka mengembangkan inovasi GAMPIL (Gesit, Aktif, Merakyatnya Dispenduk Capil)," paparnya.

Menurut Eny, inovasi GAMPIL merupakan inovasi di bidang pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil. Program GAMPIL ini bertujuan untuk lebih mempermudah dan mempercepat proses pengurusan KTP, KK dan Akta baik kelahiran maupun kematian.

Selain itu, Kelurahan Sawojajar juga diapresiasi melalui penerapan Aplikasi Singo. Aplikasi berbasis internet tersebut membuat masyarakat dapat mengakses program layanan kelurahan melalui gadget. Lewat aplikasi Singo, lurah bisa memantau seluruh berkas surat yang masuk ke kelurahan. Berkas-berkas tersebut langsung diproses. Termasuk pendelegasian tanda tangan kepada sekretaris jika lurah tidak ada di kantor.

Untuk PDAM Kota Malang, dinilai telah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sehingga, perusahaan air minum daerah tersebut mendapat predikat TOP BUMD tingkat Jawa Timur. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Fattah Jasin.

Penyerahan penghargaan tersebut merupakan bagian dari penyelenggaraan acara festival marketing berskala nasional di 17 kota utama Indonesia yaitu Indonesia Marketeers Festival 2018 (IMF 2018). Acara ini diselenggarakan selama 2 hari penuh dengan menghadirkan para pembicara yang mewakili local champions di setiap daerah, baik dari kalangan perusahaan swasta, BUMN, maupun BUMD. 


Topik

Pemerintahan BERITA-MALANG Inovasi-GAMPIL Dispendukcapil-Kota-Malang Public-Service-Of-The-Year-Provinsi-Jawa-Timur-2018 Aplikasi-Singo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Sri Kurnia Mahiruni