Pantai Kutang yang merupakan salah satu wisata pantai unik dan nyeleneh (Ig @nitakustanti)
Pantai Kutang yang merupakan salah satu wisata pantai unik dan nyeleneh (Ig @nitakustanti)

Apalah arti sebuah nama. Begitulah kata  William Shakespeare mempertanyakan sebuah nama.

Sastrawan terbesar dari Inggris yang meninggal dunia tahun 1616 ini  mengungkapkan, "That which we call a rose by any other name would smell as sweet. 

Pernyataan Shakespeare ini pula yang cocok dengan pemberian nama bagi beberapa pantai yang ada di Indonesia.

Dinamakan dengan nama nyeleneh,  tapi pantai-pantai tersebut tetaplah indah penampakannya. 

Nama pantai seperti apa dan dimanakah wisata unik tersebut berada.

MalangTIMES menyuguhkan sebagian kecil nama pantai nyeleneh dan membuat pertama kali orang mendengarnya akan bertanya bahkan tertawa.

Setelahnya akan sibuat terpesona dengan keindahan yang dimiliki oleh pantai-pantai ini. 

1. Pantai Kutang

Pantai Kutang,  Lamongan (tribunnews.com)

Mendengar namanya, kita akan langsung membayangkan busana dalaman yang dipakai kaum hawa.

Kutang atau Breast House (BH) yang disematkan kepada pantai yang terletak di Desa Labuhan,  Brondong,  Kabupaten Lamongan,  Jawa Timur (Jatim). 

Berlokasi di perairan laut Jawa,  pantai Kutang merupakan salah satu destinasi wisata pantai dengan ombak yang kecil,  tidak seperti pantai diperairan laut selatan.

Konon,  pemberian nama Kutang ini dikarenakan dulunya pantai ini merupakan tempat anak muda berkumpul. Entah karena apa,  setiap kali kunjungan para anak muda tersebut,  selalu meninggalkan jejak di pantai yaitu berupa kutang yang ditinggalkan. 

Warga setempat kerap menemukan kutang di lokasi pantai tersebut. Baik yang tersangkut di pohon mangrove tepi pantai maupun di pasirnya. Sehingga mereka menamakannya pantai kutang.

Nama pantai yang nyeleneh dan ditopang  keindahan pantainya membuat banyak wisatawan datang karena rasa penasaran.

2. Pantai Berbau Mayat

Pantai Gondo Mayit,  Blitar (sportourism.id)

Gondo Mayit atau berbau mayat adalah nama salah satu pantai di desa Tambakrejo, Wonotirto,  Kabupaten Blitar.

Pantai yang memiliki pasir berwarna putih dengan air laut jernih dan tidak adanya karang tajam,  membuat Gondo Mayit tempat wisata pantai yang cocok untuk wisatawan yang hobi berenang.

Walaupun tentunya perlu berhati-hati karena terkadang ombak cukup besar juga. 

Pantai Gondo Mayit memiliki keindahan yang jauh berbeda dengan namanya. Bahkan pantai ini bisa disebut sebagai pantai yang masih terbilang alami dikarenakan masih belum banyak wisatawan yang datang. 

Konon,  penamaan serem pantai ini dikarenakan dahulu kala banyak sekali ditemukan jenazah manusia di sekitar pantai. 

3. Pantai Sandal Jodoh

Pantai Sandal Jodoh (yukpiknik.com)

Pantai yang ada di Bengkulu ini terbilang unik. Dinamakan pantai sandal jodoh dikarenakan adanya spot dinding yang dikhususkan untuk wisatawan yang ingin menaruh sandalnya.

Spot dinding ini telah mengumpulkan begitu banyak sandal bekas yang awalnya berasal dari ombak lautan dan dipungut oleh para nelayan setempat. 

Lama kelamaan sandal bekas yang hanyut tersebut menjadi ciri khas pantai tersebut dan menjadi salah satu spot menarik bagi wisatawan.

Pantai sandal jodoh pun lebih dikenal namanya dibanding nama aslinya yaitu pantai Tapak Paderi. 

Awalnya disebut sandal jodoh dikarenakan adanya cerita seorang suami yang liburan ke pantai mencari salah satu sandal istrinya yang  hilang. Lelaki itu menelusuri pantai sampai akhirnya sampai di pantai Tapak Paderi.

Di pantai inilah si laki-laki tersebut menemukan sandal istrinya yang hanyut. Akhirnya, lambat laun cerita ini terus berkembang sampai kini. Bahkan untuk merekatkan cinta,  para wisatawan pun ikut menyimpan sebelah sandalnya di spot tersebut.

Bagi anda yang jomblo,  tidak ada salahnya berkunjung ke sana. Mungkin,  dipantai sandal jodoh inilah,  jodoh anda ditemukan. 

4. Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjok,  Kabupaten Malang ( Ig @parapetualangcantikt7)

Banyu Anjlok atau kalau diartikan air jatuh adalah salah satu pantai indah yang ada di Kabupaten Malang.

Tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang,  yang merupakan kepulauan di Jawa dengan panjang pantai terluasnya.  

Keistimewaan pantai Banyu Anjlok adalah adanya air terjun yang berada di satu lokasi dengan pantai. Hal inilah yang membuat pantai tersebut di sebut Banyu Anjlok. 

Kerap wisatawan yang belum pernah menikmati pesona pantai Banyu Anjlok,  akan terheran-heran dengan namanya. Pantai kok banyu e anjlok? Begitulah yang berada dalam pikiran wisatawan.

5. Pantai Mata Seratus Air

Pantai Mata Seratus Air,  Wakatobi (paketwisatawakatobi)

Pantai Mata Seratus Air atau disebut Moli Sahatu di Wakatobi,  Sulawesi Tenggar adalah salah satu yang kerap membuat penasaran wisatawan dengan namanya. 

Penamaan tersebut, bukan  sekedar nama. Tapi  memang mencirikan keunikan pantai yang memiliki ratusan mata air tawar di sebuah perairan laut yang airnya asin.

Keunikan pantai Moli Sahatu tersebut diperkuat dengan keindahan alam pantai di Wakatobi yang memang telah terkenal di Indonesia maupun mancanegara.