Panen raya padi di Kelurahan Bendo (Foto: JatimTIMES)
Panen raya padi di Kelurahan Bendo (Foto: JatimTIMES)

Anggota TNI Kodim 00808/Blitar bersama Pemkot Blitar dan Kelompok Tani Makmur 3, menggelar panen raya padi di Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jumat (13/4/2018).

Hadir dalam kegiatan ini Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar, Kasdim 0808 Mayor Inf Rudi Sudjatmiko, Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto, Forkopimda, Muspika, Gapoktan, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian Kota Blitar, Ir Rodiyah, menyampaikan bahwa Kelurahan Bendo memiliki potensi yang sangat bagus dalam bidang pertanian. Pihaknya bersyukur wilayah ini bisa menggelar panen raya dengan hasil bagus.

“Panen raya ini patut disyukuri karena sebelum panen ada serangan hama tikus namun bisa diatasi. Dan perlu diketahui keberhasilan ini karena Kelompok Tani Makmur menggunakan pupuk organik dan penanaman secara jajar legowo. Kami berharap  cara ini bisa ditiru oleh kelompok tani yang lain,” kata Ir Rodiyah.

Sementara Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar, dalam kesempatan ini berharap para petani di Kota Blitar tidak bingung mencari pupuk. Sebab  Kota Blitar ini adalah penyangga upsus di  wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Maka saya minta kepada pejabat yang keterkaitan, jangan mengejar hasil panennya saja tetapi juga harus memikirkan dan menyejahterakan petani juga,” tandas Samanhudi.

Suksesnya panen raya padi di Kelurahan Bendo tak lepas dari pembinaan dan pendampingan yang dilakukan oleh jajaran TNI dari Kodim 0808/Blitar. Kasdim 0808/Blitar Mayor Inf Rudi Sudjatmiko, menegaskan jajaranya akan terus memberikan motivasi serta dukungan dan akan terus mendampingi para petani untuk mendukung program pemerintah dalam hal swasembada pangan.

“Sesuai petunjuk komando atas, kami memerintahkan para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0808/Blitar yang ada di masing-masing wilayah binaan untuk selalu membantu kesulitan dan kebutuhan para petani,” tegasnya.

Kasdim menambahkan, sesuai dengan apa yang selalu diperintahkan oleh Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, bahwa anggota Kodim 0808/Blitar harus terjun langsung ke lapangan dan berbaur bersama masyarakat

“Selalu kita pantau mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan hingga memasuki panen, sehingga diharapkan untuk hasil panen sesuai yang kita inginkan dan para petani pun akan merasa senang. Karena untuk hasil panen menjadi melimpah sehingga target yang kita inginkan dalam membantu program pemerintah dapat tercapai,” pungkasnya.(*)