Bupati pakai kaus abu-abu didamping ketua TP PKK Situbondo saat mengunjungi Rutan Situbondo. (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)
Bupati pakai kaus abu-abu didamping ketua TP PKK Situbondo saat mengunjungi Rutan Situbondo. (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH dengan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Situbondo  Hj Umi Kulaum SH dan Kadisperindag blusukan ke Rumah Tahanan (Rutan) Situbondo, Jumat (13/04/2018).

Selain blusukan dari ruang tahanan satu ke ruang tahanan yang lainnya, Bupati Dadang bersama istri juga memberikan petuah atau wejangan kepada penghuni rutan yang habis mengikuti senam bersama bupati dan ketua TP PKK Kabupaten Situbondo. Bupati juga mengajari penghuni rutan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan lagu-lagu nasional lainnya.

"Untuk memastikan para penghuni rutan nyaman dan selalu aman, maka saya bersama istri melihat secara langsung keberadaan mereka dan saya memberikan motivasi. Sebab, sesungguhnya di tempat ini adalah bagian dari pembinaan. Dan saya berkomitmen dengan kepala Rutan Situbondo untuk membangun pola pembinaan di rutan ini lebih manusiawi," ujar Bupati Dadang.

Artinya, sambung bupati, walaupun mereka hidup di balik jeruji besi, harus mendapat pembinaan dan pembelajaran yang positif. Tujuannya, ketika mereka kembali di tengah-tengah masyarakat, maka mereka telah siap dengan berbagai keterampilan yang diperoleh dari Rutan Situbondo.

"Masyarakat di sini, walaupun dibatasi dengan tembok, dibatasi dan berbagai aturan, itu dalam rangka membina. Tetapi jangan sampai mereka merasa tidak bisa berinteraksi. Di tempat ini, mereka diberi keleluasaan untuk bisa berkarya dalam bidang sosial keagamaan, keterampilan, bahkan dalam hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan," jelas bupati.

 

Dengan kegiatan senam bersama instansi pemkab Situbondo, pada hari Jum'at yang digagas Ka Rutan, maka mereka bisa berinteraksi dengan masyarakat luar rutan. "Dengan kegiatan ini, warga binaan rutan bisa bertemu silih berganti dengan dinas-dinas yang sudah menjalin kerjasama dengan rutan," tuturnya.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Bupati Dadang saat blusukan ke Rutan Situbondo. Bupati dua periode ini mengimbau kepada warga binaan rutan agar giat melaksanakan salat lima waktu, membaca Alquran dan bersalawat. "Dengan melaksanakan ibadah secara kontinyu, insya Allah akan mendapat kemudahan dari-Nya," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu warga binaan Rutan Situbondo mengaku senang mendapat kunjungan dari bupati Situbondo bersama istrinya. "Kunjungan bupati Situbondo ke rutan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami warga binaan rutan. Kami bangga dengan beliau, yang mau melihat secara langsung rakyatnya di Rutan Situbondo. Beliau juga memberikan beberapa motivasi yang memberikan harapan masa depan kepada kami, " tutur salah seorang warga binaan rutan. (*)