Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Baru Empat Lelang Masuk Layanan Pengadaan Elektronik

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

03 - Apr - 2018, 09:28

Placeholder
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Ada 71 macam pengadaan lelang di Kota Batu. Namun, hingga awal April ini, hampir semua lelang tidak masuk di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). Hanya ada empat jenis pengadaan yang terpantau LPSE pada triwulan pertama ini.

“Iya yang masuk dari 71 jenis pengadaan Pemkot Batu, pada triwulan pertama ini baru masuk empat jenis,” ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Selasa (3/4/2018).

Dari empat jenis pengadaan lelang itu, dua di antaranya pengadaan buku koleksi Perpustakaan Kota Batu dan pengadaan pembangunan aula pertemuan SMPN 1 Batu. 

Penyebab belum dilaksanakan lelang itu disebabkan beberapa persyaratan yang belum terpenuhi oleh dinas yang melaksanakan lelang. “Seperti memasukkan jenis lelang berupa apa, kesiapan dari dinas itu sendiri untuk melakukan lelang,” kata Punjul.

Dia menjelaskan, seharusnya pada triwulan pertama, 71 jenis pengadaan lelang sudah masuk. Namun jika molor, tentunya akan memengaruhi pencairan anggaran pengadaan. Oleh karena itu, ia mengimbau bagi dinas yang belum melaksanakan lelang agar segera mengurus persyaratan.

“Saya menyampaikan bagi dinas yang belum melaksanakan lelang, segera dilengkapi persyarataanya. Kalau tidak begitu, anggarannya juga akan molor,” ujar politisi PDIP ini.

Beberapa dinas yang melakukan lelang yakni Dinas Pendidikan ada 6 item. Lalu Dinas Pertanian ada 8 item. Lainnya ada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dengan total 18 jenis.

Sedangkan Dinas Komunikasi dan Informatika ada 3 jenis lelang. Hanya, di antara 71 lelang itu nominal terbesar ada pembangunan pasar tahap dua, yakni sebesar 5,9 miliar. "Proyek besar sementara baru Pasar Besar tahap kedua. Anggarannya sekitar 5,9 miliar rupiah," imbuhnya.

Menurut Punjul, pembangunan tahap kedua ini berupa pemasangan atap. Juga pemasangan bedak-bedak terbuka di tengah. (*)


Topik

Pemerintahan pengadaan-lelang Layanan-Pengadaan-Elektronik Kota-Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy