Petugas Gabungan Razia Makanan Ikan Makarel di Sejumlah Mal | Jatim TIMES

Petugas Gabungan Razia Makanan Ikan Makarel di Sejumlah Mal

Mar 29, 2018 19:03
Kepala Diperindagin Kota Kediri Yetty Sisworini saat melakukan disebut mall
Kepala Diperindagin Kota Kediri Yetty Sisworini saat melakukan disebut mall

Petugas gabungan dari Dinas Perdagangan dan Industri (DISPERDAGIN) Kota Kediri, Satpol PP dan Dinas Kesehatan (Dinkes) merazia makanan kaleng ikan makarel siap saji di sejumlah Mall,Kamis siang (29/3/18). 

Kepala DISPERDAGIN Kota Kediri, Yetty Sisworini menginstruksikan produsen ikan makarel kaleng yang mengandung cacing parasit untuk segera menarik produk dari pasaran dan menghentikan sementara produksinya. Selain itu, perusahaan importir ikan kaleng bercacing ini juga diminta menghentikan aktivitas impor.

"Sejak adanya informasi makanan kaleng makarel yang mengandung cacing, kami tidak mengulur waktu bekerja sama dengan Dinkes dan Satpol PP melaksanakan sidak di salah satu pasar modern Hypermart Kediri Town Square ini. Hipermart ini kami anggap ujung tombak pemasaran yang ada di Kediri. Dalam sidak ini, kami tidak temukan produk makanan membahayakan itu. Karena sudah ditarik pihak Hypermart dengan adanya surat edaran dari manajemen sendiri," ungkapnya Kamis siang (29/03/2018).

Sementara itu Kepala Seksi Kefarmasian, Dinkes Pemkot Kediri, Sri Mulyaningtyas menjelaskan makarel itu jika dikonsumsi akan mengganggu kesehatan terutama pencernaan.

Saat ini ada 541 semple dari 66 merk 16 merk import dan 11 merk lokal yang disinyalir mengandung cacing parasit dengan total 27 makanan siap saji.

"Informasi pertama didapat dari Riau. Tapi akhirnya BPOM melakukan pengembangan di semua wilayah untuk makanan kaleng yang dianggap mengandung cacing untuk disidak dan ditarik," tegasnya.

Perempuan yang akrab dipanggil Tyas ini menguraikan produk makanan tersebut mengandung cacing Anisakis sp. Yakni sejenis parasit yang dapat menimbulkan masalah pada ikan hingga pada manusia.

"Kalau dikonsumsi tanpa dimasak atau dalam keadaan setengah masak, akan mengakibatkan gangguan pencernaan ," ujarnya.

Topik
Berita Kediri Razia Makanan Dinas Perdagangan dan Industri DISPERDAGIN Kota Kediri Dinas Kesehatan

Berita Lainnya