Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

'Yowis Ben' Ditonton Presiden, Bayu Skak Siapkan Ini untuk Pecinta Film Indonesia

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

29 - Mar - 2018, 09:00

Placeholder
Bayu Skak (kanan) saat berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo di Nobar Yowis Ben Cinemaxx Malang Town Square pada Rabu (28/3/2018) (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

Bayu Eko Moektito atau populer dengan nama Bayu Skak patut berbangga. Perjuangan ia mengangkat bahasa Jawa ke dalam film diapresiasi langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kemarin (Rabu, 28/3/2018) malam 'Yowis Ben' ditonton oleh orang nomor satu di Indonesia itu. Spesialnya lagi, Jokowi nonton di tanah kelahiran Bayu yakni Malang, Jawa Timur. 

Kepada awak media, Bayu mengungkapkan rasa syukur. Pria kelahiran Malang 13 November 1993 ini menjelaskan melalui Yowis Ben ia yakin setiap anak daerah mampu berkarya di industri perfilman dengan mengangkat kekayaan budaya daerah masing-masing.

"Pak Jokowi mau datang ke Malang untuk nonton film Yowis Ben ini. Jadi apresiasi dari Bapak Presiden ini sangatlah besar untuk kami. Karena di awal pun untuk merealisasikan film ini sangat susah sekali. Karena ini film kan pakai bahasa Jawa. Tapi alhamdulillah berhasil diterima masyarakat. Saya kepingin tuh ke depannya orang-orang tidak melupakan bahasa ibu mereka. Karena saya pakai bahasa Jawa. Mbok menowo mben mben ojok lali bahasa ibumu," kata Bayu di sela Nonton Bareng 'Yowis Ben' di Cinemaxx Malang Town Square (Matos).

Yowis Ben bergenre drama komedi. Dibintangi oleh Bayu Skak (sebagai Bayu) dan Cut Meyriska (sebagai Susan) film ini berlatar drama percintaan masa SMA. Bayu yang memendam perasaan lama pada Susan dikejutkan dengan voice call dari sang pujaan hati.

Tali sayangnya, Susan hanya memanfaatkan Bayu. Sejak itulah, Bayu bertekad merubah dirinya agar lebih populer dengan membentuk grup band dengan nama Yowis Ben. Grup band ini digawangi oleh sahabat-sahabatnya yakni Joshua Suherman (sebagai Doni), Tutus Thomson (sebagai Yayan), dan Brandon Salim (sebagai Nando). 

Sejak ditayangkan pada 22 Februari lalu, 'Yowis Ben' menyedot perhatian penonton. Jumlah penonton hampir menembus angka 1 juta. Yang membanggakan, 'Yowis Ben' mendapat nilai 9,7/10 dari IMDB. Nilai ini mengalahkan film laris 'Dilan 1990' yang hanya mendapat 7,7/10. 

Bagi Bayu, kesuksesan film 'Yowis Ben' adalah jalan munculnya film-film bahasa daerah lain. "Alhamdulillah ini kan berhasil. Saya kepingin nanti ada film-film bahasa daerah lain yang mau ditayangkan di bioskop seluruh Indonesia," kata dia. 

Disinggung kemungkinan ada sekuel dari film ini, Bayu Skak mengatakan lokasi 'Yowis Ben 2' hanya akan mengambil syuting di Malang sebanyak 20 persen saja. Sebab pada jalan cerita grup band yang didirikan oleh Bayu dan kawan-kawan mulai sukses menapaki ibu kota Jakarta. 

"Di Malang nanti 20 persen. Karena kan ceritanya band mereka sudah besar dan mau ke Jakarta. Tetap pakai bahasa Jawa. Nah, tapi tidak semuanya. Karena kan di Jakarta. Nah, maksudnya Yowis Ben ini adalah film yang bahasa Jawanya jujur. Kalau dilihat di sini kalau cowok sama cowok ngomong bahasa Jawa tapi kalau cowok sama cewek kan ngomong bahasa Indonesia. Itu juga terjadi dalam keseharian kan? Nah nanti kalau ceritanya mereka merantau ke Jakarta juga menyesuaikan bahasanya tapi pasti tetap banyak bahasa Jawa," papar Bayu. (*)


Topik

Gaya Hidup film-yowis-ben bayu-skak Bayu-Eko-Moektito presiden-ri joko-widodo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Sri Kurnia Mahiruni