Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Kadal di Predator Fun Park Ini Unik, Kulit Seperti Salak, Tidak Bertelur Tapi Melahirkan

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

17 - Mar - 2018, 17:23

Placeholder
Unik, kadal ini memiliki warna kulit salak dan tidak bertelur alias melahirkan menjadi koleksi baru di Predator Fun Park. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Sebanyak delapan ekor predator baru jadi penghuni Predator Fun Park Batu. Ketiga jenis kadal itu yakni gecko, soa payung dan kadal menambah koleksi milik Predator Fun Park.

Dari ketiga jenis kadal yang datang itu, ada satu yang paling unik. Yakni kadal dengan kulit yang menyerupai kulit salak. Karena itu kadal ini dikenal dengan kadal kulit salah karena warna kulitnya seperti salak.

Kadal ini merupakan endemik asli Indonesia dari Sulawesi. Kadal ini memiliki panjang badan 25 centimeter. Kemudian, jika biasanya kadal bertelur, berbeda dengan kadal kulit salak ini yakni melahirkan. 

Kadal soa payung koleksi terbaru di Predator Fun Park. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

“Karena itu dikatakan berbeda dan unik selain dari warna kulit seperti salak, jika pada umumnya kadal bertelur, ini melahirkan. Ia berbeda sendiri,” ungkap Keeper Animal Conservation Predator Fun Park Rizal Andri, Sabtu (17/3/2018).

Hanya saja untuk kadal jenis ini baru didatangkan satu ekor. Sama halnya dengan kadal soa payung, sejenis kadal unik yang memiliki membran kulit di bagian lehernya. 

Sedangkan untuk jenis-jenis gecko yang menambah koleksi itu yakni Gecko bell patty het radar, Gecko Bell Bold Strip, Gecko PH Tremper, Gecko Eclipse Trem Raptor, Gecko Bell PH Eclipse RS Lins, dan Gecko Radar. Gecko ini merupakan habitat asli di Mesir. 

koleksi terbaru gecko di Predator Fun Park. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Rata-rata gecko ini memiliki ukuran badan 22 centimeter hingga 24 centimeter. Gecko yang ada di Predator Fun Park ini warnanya kuning, cokelat dan hitam. 

Marketing Staf Predator Fun Park M. Wafi menjelaskan, penambahan koleksi kadal ini untuk memberikan edukasi kepada wisatawan sekaligus melengkapi koleksi. Sebab tidak banyak wisatawan yang mengetahui jenis-jenis tersebut jika itu termasuk reptil.

“Karena untuk jenis ini kami belum punya sehingga dihadirkan sekarang,” kata Wafi kepada BatuTIMES.

Dihadirkannya jenis kadal tersebut karena perawatannya lebih mudah. Lalu tidak banyak membutuhkan ruang yang luas. Apalagi pemilihan penambahan koleksi ini melihat sebelumnya pada even tertentu seperti gecko yang memiliki banyak peminat. 

“Perlombaan yang sebelumbya digelar, salah satu kelas gecko peminatnya banyak. Apalagi gecko ini memiliki banyak varian warna,” imbuhnya.

Ia pun berharap dengan hadirnya koleksi baru itu mampu memberikan edukasi kepada wisatawan.

Sementara itu, saat hari libur peryaan Nyepi ini terlihat kunjungan wisatawan di Predator Fun Park Batu mengalami peningkatan dibandingkan dengan saat weekend. “Iya ini ada peningkatan 10 persen dibandingkan dengan weekend biasanya,” tutupnya.


Topik

Wisata batu kota-batu Predator-Fun-Park-Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto