Bupati dan wabup bersama kontributor Trans7 yang mewakili Kontri Pantura membagikan kue tar. (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)
Bupati dan wabup bersama kontributor Trans7 yang mewakili Kontri Pantura membagikan kue tar. (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH dan Wakil Bupati Situbondo Ir H Yoyok Mulyadi MSi serta jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Situbondo, sejumlah wartawan, serta tamu undangan menggelar tasyakuran HPN (Hari Pers Nasional) Ke-32 di pendapa kabupaten Jalan Kartini No 1 Situbondo, Kamis (22/02).

Kegiatan tasyakuran HPN yang dimotori Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Pemkab Situbondo tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan sinergi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dengan insan pers guna menyongsong dan menyukseskan tahun kunjungan wisata 2019. "Semoga kegiatan ini semakin mengukuhkan ikatan tali silaturahmi antara rekan-rekan wartawan dengan Pemkab Situbondo yang selama ini terjalin dengan baik," ujar Kabag Humas Setda Situbondo Imam Hidayat. 

Fungsi pers, kata Imam, selain mampu membentuk opini publik yang mumpuni, juga mampu memberikan fungsi kontrol kepada semua pihak. Untuk itu, menghadapi tahun kunjungan wisata 2019, diharapkan insan pers bisa mengambil peran yang strategis. "Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman wartawan yang sudah hadir dalam tasyakuran HPN Ke-32 ini," ucap kabag humas.

Sementara, Wakil Bupati Situbondo Ir H Yoyok Mulyadi MSi dalam sambutannya meminta seluruh insan pers di Situbondo mau mendukung tahun kunjungan wisata 2019 mendatang. "Pemerintah tahun sekarang sudah mulai konsentrasi menggarap spot-spot wisata dari ujung barat Pantai Tampora di Kecamatan Banyuglugur hingga ujung timur Kecamatan Banyuputih," jelas dia. 

"Harapan saya, para wartawan kalau menulis harus sesuai fakta dan jangan membuat opini. Jiika ada permasalahan atau kekurangan terhadap pembangunan di Kabupaten Situbondo, silakan. Bapak dan Ibu bisa melakukan koordinasi dengan saya, Pak Sekda atau Pak Bupati atau kabag humas untuk menjembati permasalahan tersebut," sambung wabup. 

Di sisi lain, Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH dalam arahannya mengatakan, apa yang disampaikan wabup telah menggambarkan keseriusan pemerintah dalam membangun spot-spot wisata. "Dengan pembangunan pariwisata, kami berharap bisa berdampak positif bagi kehidupan masyarakat miskin di Kabupaten Situbondo. Membangun objek objek pariwisata tidak cukup di tangan pemerintah,  tapi perlu sentuhan dan dukungan masyarakat yang kreatif," kata bupati.

Dadang juga bicara secara panjang lebar tentang membangun dunia pariwisata. "Tulisan teman-teman ibarat pedang. Maka itu mari kita bersama-sama membangun tulisan yang positif pada dunia pariwisata di Kabupaten Situbondo," ucapnya. (*)