Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Genjot Kunjungan Wisatawan, Disparbud Bidik Wilayah Utara

Penulis : Imam Syafi'i - Editor : A Yahya

21 - Feb - 2018, 20:25

Placeholder
Hotel Niagara di Lawang salah satu wisata kota tua bersejarah peninggalan kolonial Belanda yang mampu menjadi daya tarik wisatawan. (foto : google image)

Pemerintah Kabupaten Malang getol menggelorakan jargon The Heart of East Java sebagai jantunganya wisata di Jawa Timur ke berbagai wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Tujuannya yakni sesuai dengan program prioritas Pemerintah Kabupaten Malang dalam mengoptimalkan tingkat kunjungan wisatawan.

Bila melihat potensi destinasi wisata di Malang Selatan beragam wisata seperti keindahan pantainya yang bisa dijamah wisatawan. 

Pemerintah Kabupaten Malang sendiri tidak hanya fokus mengembangkan pariwisata di wilayah Malang Selatan saja, tapi akan mengembangkan pariwisata yang lebih luas lagi di wilayah Malang Utara.

Karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang akan mengembangkan dan mengemas paket wisata di Malang Utara yang memiliki beragam potensi wisata di Kecamatan Lawang dan Singosari. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara mengatakan Pemkab Malang terus menggelorakan potensi wisata di Kabupaten Malang terutama di Malang Utara.

"Memang sudah saatnya kami harus mengemas paket wisata yang ada di Singosari dan Lawang. Jadi nanti ada paket wisatanya sendiri, budaya, alam dan sejarah," kata Made kepada MalangTIMES, Rabu (21/2/2018).

Menurut Made potensi wisata di Malang Utara seperti di Singosari ada wisata budaya peninggalan Kerajaan Singhasari yaitu ada candi dan museum. 

Selain itu wilayah Singosari akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang nantinya sebagai kawasan wisata budaya atau herritage.

Kemudian, potensi wisata di wilayah Lawang juga terdapat wisata Agro Wisata Kebun Teh Wonosari, Agro Petik Madu dan wisata alam yang mampu menjadi daya tarik wisatawan.

"Kami juga akan mendukung sekali, dari inovasi masyarakat wilayah Lawang akan dijadikan wisata kota tua bersejarah Wisma Erni, Hotel Niagara, Griya Bina, dan Pemakaman Sentong. Karena melihat kondisi banyak bangunan tua peninggalan kolonial belanda yang bisa dijadikan objek wisata," jelasnya.

Menurutnya, untuk menjadikan Lawang menjadi kota tua bersejarah, memang harus menyusun strategi dan konsep yang tematik dan layak untuk di promosikan ke wisatawan.

"Kami pasti mendukung dan memfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata di daerahnya, terutama di wilayah Lawang," pungkasnya. 


Topik

Wisata berita-malang The-Heart-of-East-Java Disparbud-malang pariwisata-wilayah-Malang-Utara



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafi'i

Editor

A Yahya