Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Malang Punya Coban Raksasa Tertinggi di Pulau Jawa, Inilah Keindahannya

Penulis : imam syafii - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - Feb - 2018, 08:36

Placeholder
Inilah penampakan keindahan Coban Raksasa ketinggian air terjun 150 meter di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. (foto: Kades Ngadas for MalangTIMES)

Mengupas pariwisata di wilayah Kabupaten Malang tak akan ada habisnya, mulai dari wisata alam, gunung, budaya, adat dan kesenian. 

Namun tahukah Anda bila di Kabupaten letaknya di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo memiliki wisata Coban Raksasa yang unik. 

Keunikan wisata air terjun ini pastinya tidak dipunyai wisata coban lainnya yaitu memiliki ketinggian air terjun 150 meter, bahkan Coban Raksasa merupakan wisata air terjun tertinggi di Pulau Jawa.

Ini tentunya menambah khasanah Desa Ngadas yang selama ini terkenal dengan desa wisata budaya dengan mayoritas Suku Tenggernya. Wisatwan tak sekadar berkunjung menikmati wisata budayanya tapi bisa menikmati keindahan alamnya yang ada di Coban Raksasa itu.

Namun, coban ini masih agak sulit dijangkau khalayak umum karena keterbatasan akses jalan. Oleh karena itu pemerintah desa setempat sedang melakukan proses pembenahan akses menuju jalur ke wisata Coban Raksasa tersebut.

Anda bisa mencapai Desa Ngadas dengan melalui jalur ke arah Gunung Bromo dari arah Tumpang, di sebelah timur dari Kota Malang. 

Untuk mencapai Coban Raksasa yang elok ini tidaklah mudah, dibutuhkan perjuangan keras melewati perkampungan Desa Ngadas dan hutan belantara dengan jalan kaki. Jaraknya sekitar 5 kilometer dan memerlukan waktu hingga 3 jaman. 

Kepala Desa Ngadas, Mujianto mengatakan Desa Ngadas merupakan desa di wilayah Kabupaten Malang yang sudah diresmikan Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna sebagai desa wisata budaya dan alam.

"Selain wisata budaya, Desa Ngadas juga punya Coban Raksasa dengan ketinggian air terjunnya 150 meter. Jadi tinggi sekali, wisata air terjun ini bisa dikatakan juga tertinggi di Pulau Jawa," kata Mujianto kepada MalangTIMES.

Menurut Mujianto, wisata Coban Raksasa ini hanya dibuka pada musim kemarau sekitar April  dengan tiket gratis. Sebab akses menuju jalan kesana masih dalam proses pembenahan. Sepanjang perjalanan menuju kesana wisatawan akan dimanjakan pemandangan alam dan perkampungan warga.

Kemudian, wisatawan juga bisa menikmati fasilitas home stay, wisata adat budaya, melihat sunset dan sunrise naik kendaraan jeep di Gunung Bromo.

"Kami berharap wisatawan betah dengan beragam wisata yang disuguhkan di Desa Ngadas atau Desa Bhineka Tunggal Ika," pungkasnya.


Topik

Wisata Coban-Raksasa pariwisata Kabupaten-Malang wisata-Coban-Raksasa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

imam syafii

Editor

Sri Kurnia Mahiruni