Tebing Uluwatu, Bali (Foto: beritabali.com)
Tebing Uluwatu, Bali (Foto: beritabali.com)

Olah raga menjadi pelengkap bagi Anda yang suka hidup sehat. Mulai dari olah raga ringan, hingga berat bisa Anda jajal. Tapi untuk olahraga berat usahakan Anda dipandu dengan instruktur ya.

Ada satu olah raga ekstrim nan memacu adrenalin. Sebab olah raga ini hanya mengandalkan tali untuk memanjat tebing-tebing. Yap, olah raga ini adalah rock climbing. Bila kamu pecinta olah raga ekstrim rock climbing, ada baiknya kamu uji coba tebing-tebing di Indonesia ini. Sebab, konon tebing-tebing ini selalu menjadi jujugan para pemanjat tebing. 

1. Tebing Citatah, Kabupaten Bandung

Tebing Citatah,  Bandung.  (Foto: wikipedia)

Tebing Citatah merupakan kawasan tebing yang terletak di Citatah di Kabupaten Bandung Barat. Citatah memiliki tiga tebing yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125. Tebing Citatah 48 memiliki ketinggian sekitar 40 hingga 50 meter sehingga disebut tebing Citatah 48. Sedangkan Tebing Citatah 90 memiliki ketinggian sekitar 90 meter dari permukaan tanah. Dan yang terakhir Tebing Citatah 125 yang memiliki ketinggian tebing 125 meter. Wow,  tinggi banget ya. 

2. Tebing Uluwatu, Bali

Tebing Uluwatu, Bali (Foto: beritabali.com)

Tebing Uluwatu memang berbeda dengan yang lain, terletak di pinggir laut di sisi selatan Pulau Bali. Tebing ini memiliki ketinggian berkisar 75 hingga 100 meter dan sudah ada beberapa jalur yang bisa untuk di panjat. Untuk tingkat kesulitan tebing Uluwatu sangat bervariasi, dari yang mudah sampai yang sulit. Dan permukaan tebing cenderung tajam-tajam.

3. Tebing Prangas, Kabupaten Malang

Tebing Prangas, Kabupaten Malang.  (Foto: brilio.net)

Prangas merupakan sebuah nama dusun di kecamatan sumbermanjing wetan. Keadaan alam yang termasuk kawasan karst memiliki jenis batuan kapur yang menyusun sebagian besar wilayahnya. Pada salah satu titik di dusun Prangas terdapat sederet tebing yang menarik dan cukup sering digunakan oleh pegiat olah raga panjat. Deretan tebing tersebut panjangnya kurang lebih 100 meter dengan ketinggian mencapai 50 meter. 

Tebing tersebut mempunyai banyak jalur yang cukup menantang untuk dipanjat. Grade yang bervariasi pada tiap-tiap jalurnya membuat tebing ini menjadi sangat menarik untuk dikunjungi. Tebing di Dusun Prangas ini belum mempunyai nama khusus, tetapi kebanyakan pemanjat menyebutnya dengan nama Tebing Prangas. 

4. Tebing Pantai Siung, Yogyakarta

Tebing Siung, Yogyakarta.  (Foto: wisataku.com)

Lokasinya terletak di Pantai Siung, Gunungkidul, Yogyakarta. Selain menawarkan keindahan pantainya yang indah, Pantai Siung juga menawarkan tebing-tebing yang dapat dipanjat dengan lokasi bervariasi. Ukuran tebing tertinggi sekitar 15 meter dengan jenis batuan karst. Jika memanjat tebing di Pantai Siung para Pemanjat akan disuguhkan sensasi pemandangan laut yang indah dari atas tebing.

5. Lembah Kera, Kabupaten Malang

Tebing Lembah Kera, Kabupaten Malang.  (Foto: ngalam.co)

Terletak di Dusun Dempok, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang Lembah Kera merupakan  tebing dengan ketinggian mencapai 45 hingga 50 meter. Lembah ini sangat dikenal oleh para pecinta alam terutama para penggiat Rock Climbing. Tebing lembah kera sering digunakan latihan para petugas tim SAR, serta turis-turis asing.
Tebing ini dibuka pada tahun 1992. Pada awalnya, tebing yang berwarna kuning emas itu dinamakan Gua Kasin, seiring berjalannya waktu berganti nama menjadi Lembah Kera. Nama tersebut diperkirakan hadir setelah para pemananjat kerap kali bertemu dengan kera  yang berlarian di tebing.

6. Tebing Bambapuang, Sulawesi Selatan

Tebing Bambapuang, Sulawesi Selatan

Tebing yang terletak di desa Kotu, Enrekang, Sulawesi Selatan ini memiliki ketinggian 350 meter. Tebing ini sudah menjadi salah satu tebing favorit para pemanjat. Selain ketinggiannya yang cukup tinggi, jalurnya pun cukup menantang untuk di panjat. Dan bila ingin memanjat tebing ini harus memiliki persiapan yang khusus, karena untuk menyelesaikan satu jalur harus ditempuh dalam beberapa hari.

7. Lembah Harau, Sumatera Barat

Tebing Lembah Harau. (Foto: soloraya.com)

Lembah Harau merupakan sebuah ngarai dekat Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Lembah Harau diapit dua bukit cadas yang sangat memukau dengan topografi berbukit-bukit dan bergelombang dikelilingi batu pasir yang berwarna-warni. Cagar alam seluas 600 hektar itu memiliki kawasan yang sering dikunjungi oleh orang-orang yang senang memanjat tebing.
Di salah satu bagian dinding Lembah Harau terdapat 300 lokasi panjat tebing yang medannya cukup curam. Bayangkan saja, dengan ketinggian 150 hingga 200 meter, kemiringan tebing mencapai 90 derajat. Belum lagi relief di dinding membuat lajur pemanjatan semakin menantang.