Gugusan bintang yang menawan yang tampak daei Waigeo Raja Ampat
Gugusan bintang yang menawan yang tampak daei Waigeo Raja Ampat

Malam memilki indahnya tersendiri. Lewat gugusan-gugusan bintang yang menawan, malam punya beribu kemolekan. Gemerlap milky way di malam hari dapat Anda nikmati di malam hari di tempat-tempat tertentu yang strategis.

Keindahan alam yanh satu ini tidak bisa dinikmati di sembarang tempat. Berikut tempat-tempat favorit melihat kemolekan milky way di Indonesia. Salah satunya ada di Malang.

1. Puru Kambera, Sumba

Sumba, salah satu daerah di Nusa Tenggara Timur yang menyimpan banyak keindahan. Salah satu spot yang sering dikunjungi para hunter milky way adalah Puru Kambera. Banyak lokasi wisata lain di Sumba yang nggak kalah cantiknya. Bahkan banyak turis yang bilang bahwa Sumba adalah Hawaii-nya Indonesia.

2. Gunung Gede, Jawa Barat


Gunung Gede berada di Taman Nasional Gede Pangrango, dan terletak di tiga kabupaten, yaitu di kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Suhu di siang hari sekitar 18 derajat celcius, dan suhu di malam harinya bisa mencapai 5 derajat celcius. Anda yang ingin melihat Milky Way dari gunung ini disarankan untuk melihatnya dari Alun- Alun Surya Kencana. Berkemah sambil melihat Milky Way dan ditemani dengan hamparan bunga edelweiss.

3. Ranu Kumbolo, Jawa Timur


Ranu Kumbolo merupakan salah satu spot yang bagus untuk melihat Milky Way. Ranu Kumbolo adalah danau air tawar yang terletak di pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Ranu Kumbolo menjadi tempat transit bagi para pendaki untuk menaiki puncak semeru. Di sini selain untuk beristirahat dengan mendirikan tenda, pengunjung juga akan disuguhkan dengan gugusan bintang Milky Way yang terang dan berkilau.

4. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah


Dieng yang terletak di daerah Wonosobo, Jawa Tengah juga menghasilkan gugusan bintang yang tidak kalah indah dari yang ada di gunung. Banyak tempat yang bisa Anda jelajahi untuk melihat Milky Way di tempat dengan ketinggian 2.093 mdpl ini. Pengunjung bisa melihat di atas kompleks Candi Arjuna atau juga bisa di Bukit Sikunir dan Gunung Prau.

Mulai pukul 23.00 sampai 04.00 pagi pengunjung bisa melihat Milky Way di Dataran Tinggi Dieng dengan mata telanjang. Karena suhu di Dieng waktu malam hari bisa mencapai minus 5 hingga 7 derajat celcius, disarankan untuk menggunakan jaket tebal agar pengunjung bisa nyaman melihat Milky Way.

5. Gunung Bromo, Jawa Timur


Bintang-bintang yang bersinar terang menyinari bumi dengan banyaknya gugus bintang lainnya ikut tersenyum menyapa bumi, terlebih kita dapat melihat lengan galaksi Bima Sakti yang memukau dalam jauhnya alam semesta.

Gunug Bromo menawarkan pariwisata yang menarik sekaligus menantang, penakluk Gunung Bromo sudah banyak dan di antara mereka semua banyak yang terpukau akan keindahan alam yang ditawarkan Bromo. Sebagai informasi, ada banyak pos-pos transit untuk sampai ke puncak Bromo.

6. Tanjung Papuma, Jawa Timur


Selain gunung, pantai juga merupakan lokasi yang bagus untuk berburu Milky Way, salah satunya adalah Tanjung Papuma. Berada di Kecamatan Wuluhan, 45 kilometer selatan kota Jember, kalian akan disuguhkan pantai berpasir putih dan sebuah pulau karang di tengah laut yang dinamai Pulau Kodok. Pemandangan malam hari di Tanjung Papuma sangat menakjubkan, ditambah suara gempuran ombak yang menenangkan hati dan pikiran.

7. Waigeo, Raja Ampat


Raja Ampat dikenal sebagai wisata laut yang keindahannya sudah mendunia. Meski berada di ujung Indonesia, tapi wisata satu ini tetap ramai dikunjungi. Milky way juga bisa terlihat jelas dan cantik di Raja Ampat, tepatnya di Waigeo, pulau terbesar yang ada di sini.