Inilah wisata edukasi dan ramah anak di Kabupaten Malang yang kian digandrungi wisatawan. (foto : google image)
Inilah wisata edukasi dan ramah anak di Kabupaten Malang yang kian digandrungi wisatawan. (foto : google image)

Pariwisata Kabupaten Malang ber-tagline The Heart of East Java terbukti mampu menyedot animo wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang. Selain menonjolkan wisata seribu pantai dan keindahan alamnya, Kabupaten Malang juga memiliki wisata buatan yang mengusung konsep edukasi ramah anak. 

Artinya, para wisatawan tak sekadar bersenang-senang. Namun, ada nilai edukasi di tempat wisata tersebut yang bisa diterapkan kepada pengunjung, terutama kalangan anak-anak. 

MalangTIMES merekomendasikan beberapa wisata edukasi ramah anak di Kabupaten Malang yang bagus dikunjungi. 

1. Taman Puspa  

Taman Puspa Kepanjen yang menyuguhkan beragam fasilitas mainan anak.

Taman Puspa berada di Desa Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen. Taman ini disulap dan dikembangkan menjadi area jogging track, dipadukan dengan konsep ramah anak sekaligus memberikan layanan edukatif melalui beragam fasilitasnya. 

Pengembangan taman oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang ini dilakukan guna mendukung dan mewujudkan program Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Malang. Area di Taman Puspa ini dikelilingi pepohonan yang membuat suasana taman semakin sejuk.  

Tak hanya memiliki tempat duduk terbuat dari drum dan beton yang berwarna-warni. Taman Puspa ini juga menyediakan ayunan untuk permainan anak-anak dan edukasi rambu-rambu dilarang merokok serta edukasi tumbuhan langka.

Ayunan bisa dinikmati anak secara gratis. Namun orang tua harus waspada mengawasi anak-anak bermain sembari beristirahat atau melakulan swafoto.

Kemudian di beberapa titik ada imbauan plakat yang berisi ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Di beberapa titik area sudah disediakan tempat sampah. 

2. Taman Kelinci  

Taman Kelinci Pujon menyuguhkan wahana edukasi berinteraksi dengan hewan dan taman bermain anak.

Taman di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, ini baru dibuka sekitar 2016 lalu. Saat ini Taman Kelinci digandrungi wisatawan keluarga. Pasalnya, di tempat itu setidaknya ada ratusan ekor kelinci hias berkeliaran dan berlompatan di area taman. 

Di taman seluas satu hektare ini juga terdapat fasilitas spot foto bunga tumpah ruah. Lalu ada spot edukasi seperti play ground, plaza garden, rumah kelinci, petik strawberry dan pondok susu olahan.

3. Taman Wisata Petik Strawberry Pujon 

Wisata Petik Strawberry Highland Pujon menyuguhkan wisata edukasi menanam dan memetik buah strawberry langsung dari pohonnya.

Ada lagi wisata edukasi ramah anak di wilayah Pujon. Tepatnya di Desa Pandesari, yaitu wisata petik buah strawberry highland. Wisata ini memberi ruang terbuka kepada wisatawan untuk belajar bagaimana cara menanam, merawat sekaligus memanen buah strawberry yang segar dan khas dari Pujon.

Selain itu, lokasi seluas 2.000 meter persegi ini menyajikan pemandangan yang indah khas alam pegunungan Kabupaten Malang. Tak hanya itu. Anak-anak bisa menikmati kesegaran jus strawberry sebelum melakukan kegiatan petik buah strawberry sendiri.

Di sini ada sekitar 10 ribu tanaman strawberry jenis California. Jenis strawberry yang satu ini paling banyak dibudidayakan di Indonesia karena memiliki rasa manis sedikit asam. Kedua ada jenis Cherly. Buahnya lebih besar, manis, dan memiliki sensasi kres saat dicicipi. Ketiga jenis Holibert, mempunyai rasa manis dan teksturnya keras. (*)