Coban Rondo
Coban Rondo

Berkemah merupakan kegiatan yang menyenangkan. Terlebih jika dilakukan bersama keluarga atau teman-teman dekat.

Berkemah di alam terbuka dapat mengasah kepakaan kita terhadap alam. Hal tersebut juga menjadi salah satu upaya untuk membuat kita semakin mencintai alam.

Nah, untuk berkemah pastikan memilih lokasi yang dekat dengan sumber air, sehingga tidak menyulitkan Anda jika kehabisan air. Berkemah di area coban atau air terjun misalnya. Nah, berikut ada lima coban di Malang yang menyediakan Camp Ground.

1. Coban Rais

Coban Rais terletak di Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu. Jarak Kota Batu ke tempat tersebut sekitar 6 km. Jalur transportasi menuju ke bumi perkemahan Coban Rais cukup mudah, meski harus melewati jalur berkelok dan menanjak.

Tempat ini sudah sangat dikenal sekali oleh para pecinta alam, sehingga hampir setiap hari tidak pernah sepi pengunjung. Lokasi bumi perkemahan Coban Rais ini terdiri dari beberapa petak ground camping. 

Bahkan di tempat tersebut juga disediakan lahan untuk outbond dan beberapa fasilitas lain seperti flying fox. Harga tiket masuk ke lokasi tersebut juga cukup murah, hanya Rp 5.500 dan biaya parkir Rp 2.000 saja dan Rp. 3.000 (mobil).

2.Coban Rondo

Bumi perkemahan dan Air Terjun Coban Rondo ini menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Memiliki air terjun setinggi 84 meter pada ketinggian 1.135 mdpl ini menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam.

Wisata camping ini tepatnya berada di desa Pandansari, kecamatan Pujon. Jarak lokasi Coban Rondo ini sekitar 12 km dari kota Batu Malang.

Akses jalan untuk menuju ke lokasi tersebut juga sudah beraspal, sehingga sangat mudah sekali bila ingin menuju ke tempat tersebut.

Biaya tiket masuk ke tempat ini juga sangat terjangkau, untuk wisata domestik dikenakan biaya delapan ribu rupiah saja dan wisatawan mancanegara dikenakan biaya sepuluh ribu rupiah saja.

3. Coban Talun

Coban Talun masoh berada di kawasan Kota Batu. Lokasinya yabg tak jauh dari kota membuat tempat ini masih mudah diakses. Tepatnya berada di lereng Gunung Arjuno dan Welirang. Wisatawan di sini tak perlu menyiapkan tenda karena pengelola telah menyediakan tempat permanen untuk camping.

Biasanya harga yang dipatok untuk dapat menginap di sini adalah Rp 500 ribu dengan bisa digunakan untuk 4 orang dengan fasilitas free tiket Coban Talun, petik apel, extra bed, kamar mandi dalam, sarapan, dan dinner.

4. Coban Supit Urang

Coban Supit Urang ini juga merupakan tempat yang sangat cocok sekali untuk camping atau berkemah. Ditempat tersebut banyak sekali ditemukan air terjun, salah satunya air terjun Coban Supit Urang. Lokasi tersebut memang sangat tepat sekali untuk Anda yang menyukai menjelajah di alam terbuka. 

Tempat Coban Supit Urang ini berada di Taman Hutan Raya R Soeryo, yang terletak di desa Madirejo, kecamatan Pujon, Malang. Untuk menjangkau tempat tersebut kita harus melakukan perjalanan menanjak yang cukup lama, karena lokasi tersebut memang jauh dari perkampungan. 

5. Coban Pelangi

Wisata Air Terjun Coban Pelangi terletak di desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Pintu masuk Coban Pelangi tidak jauh dari pinggir jalan. Untuk kendaraan roda empat bisa parkir di depan pintu masuk, sedangkan roda dua disedikan parkir di dalam. Untuk masuk ke kawasan ini dikenakan biaya Rp 6 ribu per orang.

Separuh perjalanan, kita akan mendapati area camping disisi kanan jalur, lokasi ini tidak terlalu luas tapi bisa menampung beberapa tenda. untuk camping di area ini dikenakan biaya masuk berbeda dengan pengunjung biasa, yaitu Rp. 10.000,- per orang. Untuk fasilitas disediakan kamar mandi dan wc dua buah, selebihnya hanya sebatas lahan camping saja.