Taman Singha Merjosari
Taman Singha Merjosari

Kota Malang menawarkan berbagai tempat rekreasi bagi keluarga. Mulai dari rekreasi yang membutuhkan biaya fantastis hingga tempat rekreasi yang murah meriah.

Tempat wisata yang dimaksud adalah taman-taman kota yang sengaja dibuat pemerintah untuk dimanfaatkan oleh masyarakatnya.

Selain sebagai wana wisata murah meriah, hal tersebut juga dalam rangka revitalisasi taman kota yang tengah dicanangkan oleh Pemkot Malang. Berikut taman-taman kota di Kota Malang yang patut kamu kunjungi.

1. Taman Alun-Alun Merdeka

Taman Alun-Alun Merdeka kini menjadi salah satu taman kota yang cantik dan banyak dikunjungi wisatawan. Penampilan kumuh yang dulu sempat melekat pada taman ini, telah berubah total.

Terutama sejak adanya perombakan besar-besaran yang terjadi pada tahun 2015. Sejak itu, Alun-Alun Merdeka pun menjadi lokasi berkumpulnya para warga dan wisatawan dari luar kota.

2. Taman Rekreasi Kota Malang

Taman Rekreasi Kota Malang atau disingkat Tarekot juga menjadi lokasi yang menarik untuk disinggahi. Terutama kalau Anda datang ke Malang bersama keluarga. Taman kota yang satu ini memiliki fasilitas hiburan yang lengkap. Mulai dari kolam renang khusus anak, arena permainan anak, berbagai jenis satwa, serta bisa pula berkeliling taman dengan naik dokar.

3. Alun-alun Bundar (Tugu)

Alun-alun ini berada tepat di depan Balai Kota Malang dengan bentuk lahan melingkar dengan tugu berdiri menjulang di tengahnya. Taman ini tampak indah karena adanya kolam yang penuh dengan bunga teratai. Apabila merekah, taman ini tampak semakin indah. Di malam hari taman ini tak kehilangan kemolekannya. Lampu-lampu taman dengan berbagai bentuk bunga-bungaan berpendar dengan cantiknya di taman ini.

4. Taman Kunang-Kunang

Sebanyak 96 lampu LED menghiasi taman kunang-kunang ini. Lampu-lampu tersebut akan menyala secara bergantian persis seperti kunang-kunang. Para pengunjung pun bisa merasakan suasana yang santai, bisa memilih untuk duduk di tiga selasar yang telah disediakan. Suasananya pun kian nyaman karena taman ini juga penuh dengan pohon yang rindang. Tidak heran kalau kawula muda Malang betah berlama-lama di taman kota ini.

5. Taman Merbabu

Taman seluas 3.924 meter persegi ini memiliki fasilitas hiburan keluarga yang lengkap. Anda bisa menggunakan fasilitas berupa lapangan futsal, arena permainan anak, jogging track, arena bermain yang dilengkapi dengan pasir pantai, serta tempat duduk yang nyaman. Tidak ketinggalan, taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memudahkan para difabel.

6. Taman Cerdas Trunojoyo

Berlokasi tidak jauh dari Alun-Alun Tugu, Anda juga bisa berkunjung ke Taman Cerdas Trunojoyo. Taman kota yang satu ini memiliki ciri khas dengan keberadaan patung singa yang menjadi ikon dari klub sepakbola Arema Malang.

Taman ini memiliki suasana yang rindang dan kerap menjadi lokasi bersantai kawula muda Malang. Sebagai catatan, para pengunjung tidak boleh berkunjung ke taman ini saat melewati pukul 22.00 WIB.

7. Taman Idjen Boulevard

Taman kota yang satu ini memang ukurannya tidak terlalu luas. Fasilitas yang ada pun terbatas. Anda tidak akan mendapati keberadaan arena hiburan anak atau sejenisnya di sini. Sebagai gantinya, hanya ada deretan bangku yang bisa menjadi tempat duduk sembari bersantai menikmati suasana dingin Kota Malang. Suasananya yang rindang dan lokasi strategis di depan Museum Malang Tempo Doeloe menjadikan taman ini ramai didatangi pengunjung.

8. Taman Slamet

Taman yang satu ini menjadi tempat yang sangat menarik bagi para kawula muda. Terutama bagi para pemburu foto instagramable. Taman ini memiliki beberapa lokasi yang menarik untuk dijadikan tempat foto. Lokasi-lokasi foto favorit tersebut antara lain adalah Lorong Enam Gunung, area pergola, photobooth bertuliskan Welcome to Taman Slamet, ataupun papan nama Taman Slamet.

9. Taman Singha Merjosari

Taman kota yang satu ini memiliki suasana yang cukup sepi. Meski begitu, taman ini sejatinya memiliki pemandangan yang tidak kalah cantik dibandingkan taman lainnya di Malang. Fasilitas di taman juga lengkap. Terdapat gazebo yang bisa menjadi lokasi bersantai bersama keluarga. Ada pula fasilitas berupa jogging track serta berbagai alat kebugaran yang bisa digunakan secara gratis.

10. Taman Dempo

Taman ini merupakan taman yang terbaru di Kota Malang. Diresmikan langsung oleh Wali Kota Malang H Moch Anton pada pertengahan Desember 2017. Taman ini begitu cantik karena dihiasi dengan bunga-bunga yang cantik serta kolam dengan air mancur seperti di eropa. Sembilan pot raksasa juga menghiasi area ini. Sepasang patung singa berdiri tegap seolah ingin menjaga area taman yang berada di Jalan Dempo ini.