Lima Terompet Unik Sambut Pergantian Tahun, Kamu Biasanya Pakai yang Mana? | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Lima Terompet Unik Sambut Pergantian Tahun, Kamu Biasanya Pakai yang Mana?

Dec 23, 2017 14:50
Lima bentuk terompet unik di Indonesia saat meramaikan malam pergantian tahun (Foto : Google Image)
Lima bentuk terompet unik di Indonesia saat meramaikan malam pergantian tahun (Foto : Google Image)

Dua pekan lagi kita akan menyambut kedatangan pergantian tahun 2018. Satu ritual yang tidak akan pernah terlupakan dalam perayaan pergantMalang Rayaian tahun adalah meniup terompet.

Seminggu sebelum pergantian tahun, para penjual terompet di berbagai daerah sudah menawarkan beragam jenis dan bentuk terompet, salah satunya di Malang Raya.

Nah, ada beberapa jenis terompet unik yang dijual. Di antaranya rompet gajah, terompet harimau, terompet kalajengking, terompet karakter kartun, terompet kupu, terompet naga, terompet sedotan, hingga terompet jumbo.

Untuk di wilayah Malang Raya para penjual terompet kerab ditemui menjual terompet jenis naga, sedotan maupun terompet model biasa. Berikut jenis-jenis terompet unik yang biasa dipakai saat malam pergantian tahun : 

1. Terompet Ayam

Seperti namanya terompet ini didesain sedemikian rupa hingga menyerupai ayam. Tak hanya bentuknya saja yang dibuat mirip ayam, melainkan juga warnanya. 

Terompet ayam ini menggunakan kombinasi beragam warna yang identik dengan ayam, mulai dari merah, hijau, hitam, kuning, dan masih banyak lagi lainnya.

Terompet ayam ini tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Terompet ini kerab ditemui di wilayah Surabaya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta menjelang pergantian tahun baru.

2. Terompet Kupu-Kupu 

Terompet ini hampir sama dengan terompet ayam. Bedanya hanya pada bentuknya. Kalau terompet yang satu ini sengaja di desain penjualnya menyerupai kupu-kupu. Tujuannya tentu untuk menarik perhatian biar terkesan lucu dan unik.

Terompet ini terbuat dari kertas dan plastik dan sedikit sentuhan aksesoris untuk menarik perhatian pembeli. Biasanya terompet ini penjualannya menyebar di berbagai kota di Indonesia.

3. Terompet  Gajah

Terompet yang satu ini unik dan terbuat dari kertas dan sterofum. Penjual mendesain terompet ini dengan membuat kepala gajah lengkap dengan belalainya di ujung lubang terompet. Bentuknya saja sudah lucu, apalagi dikemas dengan warna yang beraneka ragam hingga terlihat sangat unik.

4. Terompet Singa

Terompet ini bentuknya mirip singa. Para pembuatnya mendesain dengan detail lengkap dengan empat kaki, ekor dan kepala. Pada bagian kepala sedikit diberi sentuhan warna-warna khusus sehingga terlihat garang. Cara meniup terompet ini pun unik yakni ditiup pada ujung lubang terompet yang berada di ekor singa. Terompet ini kerab terlihat di daerah Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota besar lainnya.

5. Terompet Naga

Nah terompet yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di wilayah Jawa Timur. Salah satunya di Malang Raya. Terompet berbentuk naga dengan liukan dibagian tengah itu, ketika ditiup mengeluarkan suara yang cukup keras.

Terompet jenis naga ini akan banyak kamu temui di berbagai titik di Malang Raya jelang malam pergantian tahun 2018 nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Terompet Unik Pergantian Tahun

Berita Lainnya