Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Mangga Hampir Musnah di Probolinggo, Handal Gelar Festival Makanan dan Minuman Olahan Mangga

Penulis : Agus Salam - Editor : Yunan Helmy

17 - Dec - 2017, 20:26

Placeholder
Gunungan mangga yang menjadi daya tarik saat festival olahan makanan dan minuman berbahan mangga.

Warga Kota Probolinggo tak kekurangan akal untuk mengembalikan Probolinggo sebagai Kota Mangga. Minggu (17/12) pagi, sejumlah pemuda yang tergabung dalam Handal menggelar festival aneka olahan berbahan mangga. Mereka juga membuat gunungan mangga sebagai daya tarik acara tersebut.

Festival yang berlangsung di Gedung Widya Harja itu diikuti puluhan penjual dan penghobi kuliner atau makanan. Salah satunya Dina (30), yang mengikutkan pancake atau kue mangga buatannya di ajang tersebut. Ia ikut festival salah satu tujuannya untuk memperkenalkan kue buatannya yang berbahan baku mangga ke masyarakat.

Selama ini, Dina mempromosikan dagangannya melalui media sosial. Dari promosi gratis tersebut, selain produknya menjadi dikenal, ia mendapatkan penghasilan. Dina sering menerima pesanan melalui medsos, terutama dari grup kuliner. “Lebih dari satu tahun. Awalnya, coba-coba, kemudian di-upload di medsos. Kok ada yang beli dan pesan. Ya, kami teruskan,” ungkap Dina.

Perempuan paro baya ini mulanya berkeinginan pancake tidak hanya berbahan buah durian. Terbersit di pikirannya untuk menggunakan mangga yang berbahan baku mangga. Setelah melakukan eksperiman beberapa kali, akhirnya ia menemukan resep membuat pancake enak dan disukai orang lain.”Memang agak sulit sih. Soalnya, mangganya harus masak pohon agar pancake tidak kecut rasanya,” ucapnya.

Selain bangga dengan ciptaannya yang bisa mendatangkan uang, Dina bangga karena telah menciptakan kue berbahan baku mangga yang merupakan ikon kotanya. Karena itu, perempuan berjilbab ini berharap Pemkot Probolinggo menjaga kelestarian mangga. “Mangga ikon kota kami. Jangan sampai punah. Kalau mangga habis, kami yang bingung. Masak terkenal dengan mangga, mau beli ke daerah lain,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, para peserta menyajikan beberapa makanan dan minuman olahan berbahan baku mangga. Ada yang seluruhnya berbahan baku mangga seperti minuman. Ada pula mangga hanya sebagai bahan pelengkap atau tambahan. Hasil olahan peserta di antaranya pie arum manis, isi keju hitam yang terbuat dari pelok biji mangga arumanis, keju hitam ditambah madu lumbang.

Ada pula rolade ikan mangga dan saus mangga, pancake atau kue mangga. Juga mangga pannacotta with manggo sauce, keripik mangga, ulat sutra mangga, minuman mangga, pizza mangga, saus sambal mangga, mangga rumput laut, carang mas mangga, kerupuk samiler mangga, dodol mangga, otak-otak mangga, dan nasi liwet mangga nasi bakar tongkol mangga, mangga pasta, sauce dan mi mangga serta mangga cilok.

Sementara itu, Hadi Xainal Abidin sebagai penyelenggara event tersebut mengangkat mangga sebagai bahan baku olahan mamin untuk mengembalikan mangga sebagai ikon kota Probolinggo. Mengingat, tanaman mangga di kota kelahirannya makn lama makin menipis dan jika dibiarkan akan punah. “Kepedulian dan kecintaan kami ke kota kelahiran. Sebelum ada saya, Kota Probolinggo dikenal sebagai kota mangga dan anggur,” katanya.

Menurut dia, kecintaan terhadap mangga sudah ditunjukkan para peserta dengan membuat mamin olahan yang terbuat dari mangga. Karena tu, ke depan pihaknya akan menggelorakan program satu rumah satu pohon mangga. Selain itu, ia akan mengakomodiasi peserta festival. “Kami akan membina mereka. Memperkenalkan produk peserta ke luar daerah. Kami juga akan membantu pemasarannya,” pungkas Hadi. (*)


Topik

Agama probolinggo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Agus Salam

Editor

Yunan Helmy