Rumah hantu Karangsono. insert Ki Sabdo Pinandito
Rumah hantu Karangsono. insert Ki Sabdo Pinandito

Rumah kosong di Desa Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, mendadak viral. Gara-garanya, sebuah video tersebar, menceritakan hantu penghuni rumah kosong tersebut membeli sebuah sepeda motor matik. Hal ini banyak mengundang komentar warga hingga paranormal pun ikut berpendapat.

Salah satu paranormal di Blitar, Ki Sabdo Pinandito, mengatakan memang rumah itu ditempati oleh jin mengingat rumah tersebut diketahui tidak dihuni pemiliknya sudah lebih dari setahun. "Karena di ajaran agama, rumah yang tidak ditempati selama 41 hari memang ditempati jin,” ungkap Ki Sabdo Pinandito kepada BLITARTIMES, Senin (11/12/2017).

Ki Sabdo sempat melakukan penerawangan dengan berdoa untuk membuka mata batinnya. Hasil penerawangannya terhadap rumah itu, dia melihat bermacam-macam aura. Namun aura-aura yang dia lihat kebanyakan berjenis negatif.

“ Aura negatif ini berasal dari makhluk halus. Karena pada dasarnya makhluk halus suka tempat yang lembab dan kotor,” terangnya.

Dia menyarankan agar rumah kosong untuk dirawat dan dibersihkan. Sebab, agama Islam sendiri sangat mengajarkan umatnya untuk selalu bersih dan suci. Lalu mengadakan slametan atau Yasinan, maka suasana rumah kemungkinan besar akan kembali seperti sedia kala.

“ Insya Allah akan kembali seperti sedia kala. Selain itu, kabar kalau rumah itu berhantu jangan dibesar-besarkan. Sebab, kalau masyarakat percaya dan takut, kekuatan jin fasik akan bertambah dan berlipat-lipat,” ucapnya.

Selain itu, Ki Sabdo mengatakan kalau jin fasik bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan manusia. Hal itu dilakukan hanya untuk menarik perhatian saja agar eksistensi mereka diakui oleh manusia.

“ Yang penting kita yakin kepada Allah SWT karena Dia-lah yang memegang kekuasaan atas takdir semua makhluk. Dan senantiasa memohon doa keselamatan kepada-Nya,” pungkasnya. (*)