Emil Dardak menanam pohon secara simbolik di wisata Gurami Seduri.(Foto : MM/BlitarTIMES)
Emil Dardak menanam pohon secara simbolik di wisata Gurami Seduri.(Foto : MM/BlitarTIMES)

Setelah melakukan Deklarasi Aliansi Relawan Khofifah-Emil Jawa  Timur di wisata Seduri Gurami, Wonodadi, Blitar, Minggu (10/12/2017), Emil Dardak yang didampingi beberapa kiai dan tokoh masyarakat melakukan gerakan penanaman pohon sebagai upaya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kampanye yang positif.

Robin Rohmana, koordinator Arek Jatim, menyampaikan bahwa penanaman pohon ini adalah bagian dari ajakan untuk berkampanye yang edukatif dan  konstruktif, bukan provokatif dan negatif.

"Kita ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkampanye positif dan mengajak masyarakat untuk partisipatif dalam proses demokrasi agar pemimpin ideal dapat terwujud,”  katanya kepada BLITARTIMES.

Menurut Rohmana, penanaman pohon juga menjadi simbol bahwa berpolitik adalah bagian dari menebar benih kemanfaatan karena  semua nasib rakyat ditentukan oleh kebijakan politik. "Saya bangga, keikutsertaan Mas Emil menjadi wakil dari Ibu Khoffiah adalah wujud dari keterwakilan pemuda untuk ambil bagian menjawab problematika Jawa Timur. Tak hanya itu. Penanaman pohon tadi juga sebagai komitmen Mas Emil  menebar kemanfaatan untuk Jawa Timur,”  ungkapnya.

Rohmana bersama elemen relawan Khofifah-Emil di berbagai daerah berkomitmen untuk menjunjung tinggi proses demokrasi berintegritas. Salah satunya dengan kegiatan kampanye yang edukatif dan inovatif.

Sementara itu, Emil Dardak setelah penanaman pohon menyampaikan  apresiasi atas inisiasi Arek Jatim yang mengemas kegiatan deklarasi yang inovatif. Kegiatan penanaman pohon ini dihadiri oleh ratusan pemuda Mataraman dari Blitar Raya, Kediri Raya, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Nganjuk dan Malang Raya.

"Saya sangat senang dan terharu ratusan pemuda dari berbagai daerah berkumpul di sini. Setiap hari dari Banyuwangi hingga Bojonegoro, muncul para relawan. Acara deklarasi yang dikemas bagus seperti penanaman pohon ini akan menjadi energi positif bagi kita semuanya,” ungkapnya.(*)