Bupati Malang Rendra Kresna menyambut senang dan kagum atas di-launchingnya buku digital Pemerintah Kabupaten Malang pertama di Indonesia di acara puncak Hari Jadi Ke-1257 Kabupaten Malang. (Iim Hardian/MalangTIMES)
Bupati Malang Rendra Kresna menyambut senang dan kagum atas di-launchingnya buku digital Pemerintah Kabupaten Malang pertama di Indonesia di acara puncak Hari Jadi Ke-1257 Kabupaten Malang. (Iim Hardian/MalangTIMES)

Di puncak Hari Jadi Ke-1257 Kabupaten Malang yang dilehat Selasa (28/11) malam di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Bupati Dr H Rendra Kresna terlihat sumringah.

Raut wajahnya memancarkan rasa senang. Tawa lepas dari mulutnya. Dan, dua jempolnya teracung mengekspresikan rasa sukanya atas kado kecil di hari jadi Kabupaten Malang itu.

Kado kecil yang membuat bangga bupati Malang dua periode ini bukan berupa hal-hal yang biasa diberikan dalam merayakan momet penting. Tapi sebuah buku digital pemerintahan daerah pertama di Indonesia. 

"Saya salut dan bangga dengan kreasi buku digital ini. Ini kado terbaik bagi Kabupaten Malang di Hari Jadi Ke-1257. Terutama buku digital ini dipersembahkan dari unsur media," kata Rendra, Rabu (29/11) kepada MalangTIMES.

Rasa bangga bupati Malang ini terhadap buku digital yang menampilkan rangkaian panjang pembangunan di berbagai bidang di era Rendra setebal 163 halaman itu semakin mengental. 

Hal ini didasarkan bahwa inisiatif, kreasi penyusunan sampai pada tahap launching buku digital, seluruhnya adalah hasil dari upaya unsur masyarakat. "Inilah yang Pemerintahan Kabupaten Malang harapkan. Seluruh masyarakat berperan aktif mendukung segala pembangunan melalui bidang dan keahliannya masing-masing. Saya benar-benar ucapkan terima kasih banyak dan sukses," ujar Rendra sambil mengacungkan dua jempolnya, lagi.

Bupati kesembilan belas Kabupaten Malang ini juga mengatakan, bahwa dengan pesatnya dunia teknologi, seluruh elemen yang ada wajib menyesuaikan dirinya. Pasalnya, teknologi digital adalah keniscayaan. "Dan ini dibuktikan dengan adanya buku digital tersebut. Teknologi bisa menjadi jembatan kita dengan masyarakat lebih luas. Segala informasi juga cepat diketahui melalui adanya teknologi digital ini. Apalagi saat ini masyarakat juga sudah familiar dengan telepon pintar," terangnya.

Buku digital Pemerintah Kabupaten Malang pertama di Indonesia menampilkan wujud baru dalam penyampaian komunikasi pembangunan dan berbagai hal yang berkaitan dengan hajat hidup masyarakat banyak. Cepat, efektif, mudah diakses serta memanjakan pembacanya dengan berbagai tampilan visual yang menawan.

"Yang terpenting tidak akan pernah usang dan rusak. Karena di mana pun, kapan pun, saat membutuhkan untuk membacanya, tinggal buka saja di telepon pintar," ujar Kresna Dewanata Phrosakh, anggota DPR RI yang hadir di acara puncak hari jadi Kabupaten Malang itu.

Selain Kresna Dewanata, ucapan selamat atas diluncurkannya buku digital Pemerintah Kabupaten Malang pertama di Indonesia ini juga disampaikan oleh Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr M. Bisri, Wakil Ketua DPR RI Arif Hermanto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, serta beberapa tokoh nasional dan daerah  lainnya.

Buku digital pemerintah Kabupaten Malang pertana di Indonesia ini bisa diakses secara gratis di situs www.malangtimes.com dan www.malangkab.go.id. "Dan saya yakin dengan pola digitalisasi ini, informasi lebih bisa diakses cepat oleh masyarakat. Baik di Kabupaten Malang sendiri maupun masyarakat luar daerah, bahkan mancanegara," pungkas Rendra dengan binar wajah puasnya. (*)