Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

DPRD Minta Ganti Warna Biru untuk Aset Daerah, Bupati Malang Rendra Kresna Hanya Tertawa

Penulis : Nana - Editor : Yunan Helmy

21 - Nov - 2017, 14:56

Placeholder
Bupati Malang Rendra Kresna tertawa lepas saat ditanyai keinginan DPRD Kabupaten Malang untuk mengganti warna biru jadi putih untuk bangunan aset daerah, Selasa (21/11). (Nana)

Apa tanggapan Bupati Malang Dr H Renda Kresna atas permintaan DPRD Kabupaten Malang agar mengganti warna biru pada bangunan aset daerah? Rendra tertawa lepas saat meresponsnya.

Bupati Malang dengan selorohnya menyatakan bahwa permintaan DPRD tersebut tidak tepat dalam mengasumsikan warna biru yang ada di aset daerah, khususnya di gedung pemerintahan, sebagai kepentingan politis partai tertentu. "NasDem-isasi yang mana yang dipersoalkan? Biru yang mana. Saya nggak tahu yang matanya kelilipan ini siapa," ujar Rendra lalu tertawa saat media menanyakan hal tersebut, Selasa (21/11).

Bupati yang menjabat ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur (Jatim) ini melanjutkan, biru yang ada di aset daerah itu biru seperti apa. "Kalau itu biru NasDem, coba tunjukkan ke saya. Itu kan warna biru cerah. Biru NasDem nggak seperti itu," ujar Rendra lalu tertawa lagi.

Polemik warna di aset daerah tersebut baru muncul saat seluruh fraksi DPRD Kabupaten Malang mengadakan rapat pandangan umum tentang aset daerah. Mereka mempersoalkan warna biru untuk bangunan aset daerah karena dikaitkan dengan partai NasDem.

Rendra juga menambahkan, tidak seluruh aset daerah dicat warna biru cerah dengan perpaduan putih. Ada beberapa gedung yang berwarna kuning berpadu dengan hitam dan lainnya. "Jadi, kalau warna itu dikaitkan dengan kepentingan politik, salah lihat itu. Saya juga tidak pernah menginstruksikan hal tersebut. Tanya ke kades-kades itu," tegas bupati Malang kesembilan belas ini saat menghadiri acara perpustakaan desa yang diikuti seluruh camat dan kades di Rumah Makan Bojana Puri, Kepanjen. 

Saat media menanyakan pernyataan Rendra, secara serempak kades yang berada di acara tersebut mengatakan tidak ada perintah untuk hal tersebut. "Sudah percaya? Tidak ada instruksi itu. Mereka melakukannya atas inisiatif sendiri. Moso salah anak aleman kepada bapaknya. Kayak seperti itu?" ucap Rendra yang diakhiri kembali dengan tawa renyahnya.

Pemakaian warna biru di aset gedung, misalnya, didorong dengan adanya warna kebanggaan masyarakat Kabupaten Malang yang dikenal sebagai Arema. Selain hal tersebut dikarenakan sifat warna biru yang cerah memberikan nuansa semangat. "Ini pernah saya tanyakan kepada anak-anak saat ada acara di pendapa. Saat saya tunjukkan gedung dengan warna biru muda dan putih, mereka mengatakan secara spontan warnanya cerah seperti pagi hari," ujar Rendra.

Dalam kesempatan berbeda, Fraksi NasDem melalui Amarta Faza mengatakan usulan penggantian warna tersebut tidaklah tepat. Terkait beberapa aset daerah yang dicat biru, Faza secara pribadi menilai bahwa setiap daerah perlu memiliki identitas tersendiri terkait warna yang melekat pada suatu daerah.

"Dan warna biru sudah sesuai dengan identitas Malang yang lekat dengan budaya arema. Birunya itu lebih pada birunya Arema daripada birunya partai politik," ujarnya. "Lagi pula biru tak hanya NasDem. Ada Demokrat dan PAN juga pakai itu warna biru," pungkas Faza. (*)


Topik

Peristiwa Bupati-Malang Rendra-Kresna DPRD-Kabupaten-Malang bangunan-aset-daerah DPW-Partai-NasDem-Jawa-Timur



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Yunan Helmy