Bupati Malang Rendra Kresna saat memberikan penghargaan kepada dua warga peduli donor darah di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis (09/11) (Humas Kab Malang for MalangTIMES)
Bupati Malang Rendra Kresna saat memberikan penghargaan kepada dua warga peduli donor darah di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis (09/11) (Humas Kab Malang for MalangTIMES)

Bupati Malang Dr H Rendra Kresna selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang memberikan apresiasi terhadap warga peduli donor darah.

Apresiasi berupa piagam penghargaan diserahkan kepada pendonor darah sukarela sebanyak 25 (dua puluh lima) kali atas nama Ibu Muriyati dan sebanyak 50 (lima puluh) kali atas nama Bapak Muhsin.

Menurut Rendra, penghargaan yang diberikan kepada dua warga tersebut sebagai wujud terima kasih Pemerintah Kabupaten Malang atas kerelaan dan keikhlasannya menyumbangkan darah secara rutin dalam program donor darah.

"Mereka memberikan citra positif kemanusiaan di tengah egosentris yang kini kerap menjadi perilaku kita," kata Rendra Kresna dalam acara Musyawarah Kerja dan evaluasi program kerja PMI Kabupaten Malang tahun 2017, Kamis (09/11).

Penghargaan tersebut juga, lanjut Rendra sebagai motivasi bagi seluruh masyarakat pada umumnya dan OPD Kabupaten Malang untuk membudayakan donor darah di setiap acara yang digelar PMI maupun secara insidental. 

"Jadi saya menghimbau kepada masyarakat dan seluruh jajaran saya untuk menggalakkan kegiatan donor darah sukarela di instansinya masing-masing dan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Malang," ujar Rendra. 

Pelantikan Pengurus baru PMI di 17 Kecamatan yang langsung diangkat oleh Ketua PMI Kabupaten Malang Rendra Kresna

Dengan gerakan massif donor darah, akan melahirkan kesadaran kolektif kemanusiaan yaitu menolong sesama dengan cara  rutin menyumbangkan darahnya demi menyelamatkan jiwa orang lain yang membutuhkan darah pendonor. 

Selain memberikan penghargaan kepada dua warga secara simbolis di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Ketua Umum PMI Kabupaten Malang ini juga menyampaikan  ucapan terima kasih kepada para pendonor darah sukarela yang akan diberangkatkan ke Jakarta, untuk menerima penghargaan donor darah sukarela 100 kali dari pemerintah Republik Indonesia.

"Setetes darah sangat berarti bagi sesama dan juga akan mengharumkan nama Kabupaten Malang juga di kancah nasional. Jadi sekali lagi mari kita budayakan gerakan donor darah ini," tutur Rendra.

Di acara musker PMI Kabupaten Malang 2017 ini juga, Rendra mengukuhkan Pengurus PMI di 17 kecamatan. Yaitu Kecamatan Bantur, Dau, Gedangan, Gondanglegi, Jabung, Kromengan, Ngantang, Pagak, Pagelaran, Pakis, Poncokusumo, Sumbermanjingwetan, Tirtoyudo, Tumpang, Wagir, Wajak, dan Wonosari.

Para pengurus PMI baru ini juga diharapkan akan menjadi pioner di kecamatannya masing-masing dalam melaksanakan amanah yang diembannya. Seperti pengembangan kapasitas organisasi dan kelembagaan, penanggulangan bencana, upaya kesehatan transfusi darah, pelayanan sosial dan kesehatan, serta pembinaan generasi muda. 

"Saya berpesan kepada seluruh pengurus PMI Kecamatan yang baru untuk bekerja sebaik-baiknya. Jaga koordinasi dengan Camat selaku pelindung PMI Kecamatan serta dengan PMI Kabupaten Malang selaku organisasi induk,” pungkas Rendra.