Pelaku curanmor asal Jember diamankan anggota Polsek Mangaran menggunakan mobil patroli. (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)
Pelaku curanmor asal Jember diamankan anggota Polsek Mangaran menggunakan mobil patroli. (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

Dua residivis curanmor asal Jember dihakimi massa di Dusun Tanjung Paser, Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Selasa (07/11/2017). Akibatnya, dua pelaku bernama Herman dan Zainullah itu babak belur di sekujur tubuhnya.

Kedua pelaku curanmor itu ditangkap berawal saat akan menjalankan aksinya mencuri sepeda motor. Namun, sebelum aksi berhasil, satu pelaku  kepergok warga dan ditangkap.

Sedangkan satu  pelaku lainnya sempat melarikan diri ke areal tanaman jagung milik warga. Namun, berkat kesigapan anggota polsek, resmob dan warga Mangaran, akhirnya residivis curanmor yang lari  ke kebun jagung tersebut berhasil dibekuk. Karena kesal dengan ulah kedua residivis tersebut, pelaku dihajar massa hingga babak belur.

Untuk kepentingan proses penyidikan, kedua pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Mangaran. Dari tangan pelaku, polisi berhasil menyita barang bukti sepeda motor Honda Beat, satu set kunci T, palu dan kunci anak palsu yang mirip kunci T, serta dua plat nomor sepeda motor.

Menurut keterangan salah seorang saksi kejadian pencurian sepeda motor, Karim,  saat melihat salah seorang pelaku kabur, secara spontan dirinya bersama warga mengejar pelaku. "Kurang lebih 5 menit pelaku yang melarikan ke kebun jagung berhasil ditangkap," ujar Karim saat berada di Mapolsek Mangaran.

Salah seorang pelaku, Herman, mengakui dirinya telah melakukan aksinya di empat lokasi di wilayah Kecamatan Mangaran. "Saya sudah melakukan pencurian di empat lokasi itu,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Mangaran AKP Madya Wiraaji SH mengatakan, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, dua pelaku diperiksa intensif. Polisi juga akan mengembangkan kasus tersebut di TKP lain. (*)