Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Bakesbangpol Kabupaten Blitar Gelar Sosialisasi Pilgub Jatim di Kecamatan Srengat

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Oct - 2017, 14:04

Placeholder
Nampak Komisioner KPU Kab Blitar Nikmatus Sholikah sedang memberikan paparan kepada peserta sosialisasi. (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Blitar terus melakukan sosialisasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Tahun 2018. Setelah sosialisasi masif dilakukan di beberapa kecamatan, kali ini Bakesbangpol menggelar sosialisasi di Kecamatan Srengat, Kamis (5/10/2017).

Sekretaris Bakesbanpol Kabupaten Blitar, A. Irianto mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka roadshow sosialisasi Pilgub Jatim di Kabupaten Blitar. Acara ini digelar bersama-sama dengan KPU dan Panwaslu.

Kegiatan ini diikuti muspika, kades, perangkat desa, babinsa, bhabinkamtibmas dan togatomas dari 4 kecamatan yakni Udanawu, Wonodadi, Ponggok dan Srengat.

“Giat ini untuk menyosialisasikan kepada masyarakat, bahwa Jawa Timur akan segera melaksanakan Pilkada pada 27 Juni 2018,” kata Irianto.

Tujuan kegiatan ini sambung dia, adalah untuk mengimbau, mengajak stakeholder terkait, mendorong warganya untuk berpartisipasi aktif di dalam Pilkada. Menurutnya, di waktu yang semakin mepet sosialisasi ini sangatlah penting.

KPU dan Panwas sangat berkepentingan sekali memberi sosialisasi seperti perekrutan Panwascam. Selain itu sambung dia, KPU juga mempunyai tahapan-tahapan yang sangat mendukung pelaksanaan Pilgub 2018, tahapan tersebut wajib diketahui oleh masyarakat.

“Pemerintah akan seoptimal mungkin melaksanakan sosialisasi untuk menyukseskan pilgub. Hal ini sesuai dengan amanat Undang- undang No 7 Tahun 2017 Pasal 434 yang berbunyi pemerintah berkewajiban memfasilitasi pilkada hingga pelaksanaanya berjalan aman, lancar dan sukses,” tegasnya.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Bidang Logistik, Nikmatus Sholikah dalam paparannya menyampaikan bahwa saat ini KPU sudah melakukan tahap persiapan dan pada 12 Oktober sampai 12 November akan dilakukan tahapan perekrutan PPK dan PPS.

Dalam kesempatan ini Nikmatus juga meminta bantuan kepada stakeholder yang hadir dalam sosialisasi ini untuk mengimbau kepada masyarakatnya terkait pemutakhiran data pemilih tetap.

“Warga yang bisa masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT) itu adalah yang sudah melakukan perekaman e-KTP. Maka kita imbau yang hadir kali ini untuk mengimbau warganya yang belum punya e-KTP supaya segera melakukan perekaman e-KTP,” tegasnya.

Sementara Komisioner Panwaslu Kabupaten Blitar, Hakam Sholahudin menandaskan bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk meningkatkan proses pengawasan pilgub dengan melibatkan stakeholder dan masyarakat.

“Kita ingin meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh peserta maupun penyelenggara. Ketika tahapan berjalan baik tentu kita akan mendapakan pemimpin yang baik pula,” katanya.

Hakam juga menyampaikan bahwa perekrutan Panwascam resmi ditutup pada 4 Oktober pukul 24.00 WIB dengan jumlah pendaftar sebanyak 227 pendaftar. Berikutnya 227 pendaftar tersebut akan diperiksa verikasinya dan akan diumumkan tanggal 6 Oktober. Tahapan berikutnya, peserta yang lolos verifikasi akan mengukuti tes tulis pada 10 Oktober, di kampus STIT Al Muslihun Kabupaten Blitar.

“Dalam tahapan ini kami ingin menciptakan pengawas pemilu yang professional, jujur dan adil,” tandas Hakam.(*)


Topik

Advertorial Bakesbangpol Kabupaten-Blitar Sosialisasi Pilgub-Jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni