Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Warga Desa Terpencil Bersemangat Ikuti Perekaman E-KTP Jemput Bola

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Heryanto

02 - Oct - 2017, 21:17

Placeholder
Nampak seorang lansia mengikuti perekaman e-KTP jemput bola di Desa Kalitengah.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Kegiatan pelayanan keliling jemput bola Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar di Desa Kalitengah, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jumat (29/9/2017) kemarin, disambut antusias warga masyarakat.

Medan yang cukup sulit untuk dilalui tak menyurutkan tim Dispendukcapil untuk mendatangi dengan membawa peralatan lengkap, semua itu dilakukan demi pelayanan kepada warga.

“Untuk menuju ke tempat tersebut kita harus naik melewati dua perbukitan. Termasuk daerah jauh dari mana-mana, beruntung akses radio masih bagus karena tempatnya tinggi,” kata Kabid Dafduk, Anggo Takdhir Hanudji.

Warga setempat sangat himung ketika tim Dispendukcapil datang. Petugas memberikan pelayanan dengan mudah, murah, cepat dan gratis. Mayoritas warga berharap kegiatan ini terus ada setiap tahunnya, dan terus dikembangkan.

"Akhirnya warga memiliki data kependudukan. Beberapa warga sudah pernah mengikuti perekaman e-KTP tahun 2016 dan hari ini kita terbitkan surat keterangannya. Begitupun warga yang baru ikut perekaman juga kita terbitkan suket nya,” jelasnya.

Dijelaskan, total pelayanan di dispendukcapil di Desa Kalitengah sebanyak 80 pemohon meliputi e-KTP, KK dan  akta kelahiran.

Ini membuktikan kesadaran warga sangat tinggi, hanya saja tidak mampu datang ke kantor Dispendukcapil disebabkan wilayah mereka yang terpencil dan akses jalan yang sulit.

“Sebenarnya jalan di desa setempat sudah enak, ini tak lepas dari pembangunan yang dilakukan dinas PU Bina Marga. Hanya saja masih sekitar 1 bulanan mungkin enaknya. Sebelumnya selama berpuluh tahun jalannya rusak parah sekali,” paparnya

Anggo menandaskan, kegiatan pelayanan jemput bola ini akan terus dikembangkan agar seluruh warga di Kabupaten Blitar mempunyai data administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.(*)


Topik

Advertorial Warga-Desa-Terpencil Perekaman-E-KTP



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Heryanto