Grup TK Dahlia Gunungsari Kota Batu tampil di Amphi Theater Jawa Timur Park 1 Minggu (24/9/2017). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Grup TK Dahlia Gunungsari Kota Batu tampil di Amphi Theater Jawa Timur Park 1 Minggu (24/9/2017). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Sejumlah 24 grup drumband TK/RA dan SD/MI beradu kreativitas dalam lomba Marching Band Kids Vaganza di Amphi Theater Jawa Timur Park (JTP) 1, Minggu (24/9/2017).

Mulai pukul 08.00, grup peserta lomba melakukan street parade terlebih dahulu dimulai dari entrance JTP 1. Selanjutnya para peserta unjuk kebolehan di depan dewan juri.

"Jadi, kami awali dengan street parade terlebih dahulu. Jalan menuju Amphi Theater. Kemudian baru berlangsung konsernya," ungkap Majid Ridwan, entertaint external Jatim Park, kepada BatuTIMES.

Yang menarik, kostum tidak hanya seragam drumband biasanya. Kali ini kostum yang dikenakan peserta beragam. Mulai kostum tema pahlawan, pakaian adat, hingga pakaian koboi.

Dengan percaya diri, para peserta bermain musik untuk memikat dewan juri. Lagu yang dibawakan pun beragam, mulai lagu nasional hingga lagu anak-anak. Bahkan, dari TK Dahlia Gunungsari, salah satu siswinya meski takut dan menangis tetap semangat mengiringi alunan musik drumband.

Kategori yang dilombakan dalam even ini ada dua. Yakni street parade & concert untuk TK dan SD. Jumlah anggota tim maksimal 40 orang (35 peserta dan 5 ofisial). Kategori kedua yang dilombakan adalah individual colour guard contest untuk SD dan SMP. Maksimal untuk dua orang (satu peserta dan satu  ofisial).

Menurut Majid, marching band sudah menjadi agenda tahunan di Jatim Park 1. Kali ini lomba marching band dilakukan untuk merayakan Kemerdekaan RI sekaligus memberikan wadah bagi pelajar dan pecinta marching band untuk menunjukkan kemampuan dan kreativitasnya. "Kami ingin memberikan wadah kepada mereka yang punya marching band. Sayang kalau kemampuannya tidak ditunjukkan. Sekaligus juga untuk memperingati HUT RI," kata dia. (*)