Ali Jamil saat memberikan arahan kepada Wanmil Kodim 0808, PPL dan Dinas Pertanian Kab Blitar (Foto: BlitarTIMES)
Ali Jamil saat memberikan arahan kepada Wanmil Kodim 0808, PPL dan Dinas Pertanian Kab Blitar (Foto: BlitarTIMES)

Direktur Serealia Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI Ali Jamil meminta penyuluh pertanian di wilayah itu memaksimalkan peran membantu tugas Danramil dan Babinsa untuk mendampingi petani dalam rangka mewujudkan swasembada pangan.

“PPL harus difungsikan dengan baik sesuai dengan tugasnya, jangan hanya Danramil dan Babinsa saja yang berada di lapangan. PPL juga harus turun ke lapangan tujuannya untuk sama- sama mengawal luas tambah tanam ( LTT) di setiap daerah,” kata Ali Jamil.

Ia menyampaikan hal itu pada Pengarahan dan Pembahasan Percepatan Tanaman Pangan di Ruang Rapat Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar yang dihadiri Bati Wanmil Jajaran Kodim 0808 Blitar dan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Jumat (11/8/2017) sore.

“Kami sangat menyadari sekali keberadaan di lapangan, ini saya ucapkan banyak terima kasih kepada Dinas Pertanian, Danramil juga para Babinsa yang mana selalu mendampingi para petani. Kami harap kedepan kinerja PPL bisa lebih optimal dengan turun ke lapangan,” ungkapnya.

Ditambahkan, Kodim dan Dinas Pertanian memiliki tugas meningkatan LTT di wilayah. Untuk mencapai target tersebut harus ada sosialisasi kepada petani sehingga pengolahan akan terlaksana.

Ia juga menyebut bahwa di beberapa tempat ditemukan kelambatan gerakan pengolahan tanah namun di Blitar terihat setelah panen langsung diolah, hal inilah sangat diharapkan untuk mencapai target LTT.

“Terkait kunjungan tim dari pusat ini kami harapkan Blitar tidak mendapat raport merah. Dalam kegiatan Upsus ini mari kita tingkatkan lagi sehingga akan mencapai target yang bagus, sampai saat ini wilayah Provinsi Jawa Timur masih yang terbaik dalam pencapaian luas tambah tanam,” paparnya.

Sedangkan untuk Provinsi Jawa Tengah nilainya paling belakang dalam pencapaian target di pulau Jawa,” paparnya.

Ali Jamil berharap seluruh elemen baik itu Danramil, Babinsa dan PPL meningkatkan semangat kerja dalam mendampingi petani. Kementan RI akan membantu kerja aparat wilayah dengan terus melakukan monitoring peningkatan penambahan LTT.(*)