Jambore FPK Jatim di Banyuwangi Dibarengi Sosialisasi Perppu Ormas | Jatim TIMES

Jambore FPK Jatim di Banyuwangi Dibarengi Sosialisasi Perppu Ormas

Jul 26, 2017 09:48
Suasana pelantikan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Banyuwangi oleh Wabup Yusuf Widyatmoko di aula Rempek Jogopati.
Suasana pelantikan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Banyuwangi oleh Wabup Yusuf Widyatmoko di aula Rempek Jogopati.

Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Timur menggelar Jambore Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di aula Rempeg Jogopati, Kabupaten Banyuwangi (25/7/17). Hadir dalam acara ini tak kurang 150 orang yang terdiri atas seluruh kepala kesbangpol se-Jawa Timur dari 38 kabupaten dan kota, kepala Kesbangpol Provinsi, Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, pengurus dan calon anggota FPK yang dilantik kepengurusannya. 

 

Kepala Bakesbangpol Jawa Timur Eko Jonathan menyatakan, jambore FPK digelar di Banyuwangi karena identitas lokal Banyuwangi yang luar biasa di tengah kehidupan global saat ini. Bahkan potensi budaya identitas lokalnya mampu mendorong potensi pariwisatanya. Banyuwangi juga bisa menjaga keberagaman dalam kehidupan sehari-hari dan mampu membawa seluruh masyarakat untuk membangun. 

“FPK sendiri merupakan forum yang beranggotakan lintas suku, agama, etnis dan budaya. Keberadaannya di tengah masyarakat bertujuan merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa hingga tercipta hubungan yang harmonis dalam kehidupan sehari-hari ditengah pergaulan masyarakat,” ujar Eko.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengakui, Kabupaten Banyuwangi saat ini banyak mendapat kunjungan tamu dari berbagai daerah maupun dari pusat Jakarta. Tujuan mereka semua untuk melihat perkembangan yang ada di Banyuwangi, terutama pariwisatanya yang saat ini booming di seantero Indonesia, bahkan di dunia. Pariwisata ini pun diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Banyuwangi.

Menurut Anas, lingkungan yang baik akan menciptakan suasana nyaman. Di sisi lain, kerukunan umat beragama perlu ada media, ada tempat nyaman, sehingga tercipta lingkungan harmonis yang memberikan ruang tersendiri tanpa menyingkirkan tradisi rakyat yang sudah berjalan lama selama ini.  "Kerukunan beragama akan tercipta sejauh kekuasaan memberikan ruang-ruang publik, menyediakan tempat-tempat ibadah bagi para umat beragama. Ekonomi harus tumbuh,l. Kerukunan yang dibangun dengan ekonomi rapuh adalah kerukunan kamuflatif. Kunci dari Pancasila sekarang adalah keadilan sosial dengan ekonomi yang ada berjalan dengan baik dan masyarakat sejahtera,” ungkap dia.

Setelah dibuka oleh kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Timur, kemudian acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus FPK Kabupaten Banyuwangi oleh Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko. Setelah itu, acara dilanjutkan arahan dari kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Timur terkait perppu ormas yang baru, yakni Perppu No 2 Tahun 2017. Selanjutnya disambung dengan diskusi kelompok tentang Pancasila dalam praktik kehidupan sehari dan isu-isu permasalahan yang terjadi saat ini di tengah masyarakat dengan narasumber Kepala Kesbangpol Banyuwang Drs Wiyono MHum. (*) Inilah susunan pengurus FPK Banyuwangi sesuai dengan SK Bupati Banyuwangi Nomor : 188/217/KEP/429.011/2017 tertanggal 21 April 2017 sebagai berikut:

Dewan Penasehat   :  1.  Drs. H. Ahmad Busyairi

                                   2.  Chasistoeti Suherman

                                   3.  Ir. Indrajaya Tjahyana, MT.

Ketua                     :  Miskawi, M.Pd.

Wakil Ketua            :  Drs. Hasan Basri, M.Ag.

Sekretaris               :  Dimas Brian Wicaksono, SH, MH.

Wakil Sekretaris      :  Edi Bhakti Jadmiko

Bendahara              :  Indah Catur Cahyaningtyas

Wakil Bendahara     :  Yeti Chotimah, M.Pd.

Seksi-seksi :

a.     Seksi Aspirasi Pembauran

Kebangsaan

Koordinator             :  Ahmad Touwil Firdaus, SE., M.Si.

Anggota                  :  Rosyid Ridho, MSc.

                                  I Kadek Yudiana, M.Pd.

                                  Fendi Felani

b.    Seksi Dialog Organisasi

Koordinator             :  Salim Thohir, S.Pd.

Anggota                  :  Agus Lien Setiawan

                                  Yeni Puspita Juwita

                                  Daniel Kristiani, SE.

c.     Seksi Sosialisasi dan

Kebangsaan

Koordinator             :  Agus Wahyu Nuryadi

Anggota                  :  Adi Subiyanto

                                  Sanusi Marhaidi

                                  Made Widado

Topik
Jambore Forum Pembauran Kebangsaan Jatim

Berita Lainnya