Kondisi Pasar Mangaran Sepi Pembeli (Foto : Heru Hartanto/ SitubondoTIMES)
Kondisi Pasar Mangaran Sepi Pembeli (Foto : Heru Hartanto/ SitubondoTIMES)

 Transaksi di beberapa pasar-pasar tradisional di Situbondo pasca Idul Fitri 1438 H di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur masih terlihat sepi, Minggu (9/7/2017).

Sepinya pasar tersebut disebabkan sejumlah pedagang maupun konsumen sebagian besar masih belum kembali dari aktivitas pulang kampung atau mudik di beberapa daerah.

Menurut keterangan yang disampaikan salah seorang pedagang bahan pangan di Pasar Mangaran, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo,  Noval, pasca lebaran kondisi transaksi di Pasar Mangaran masih sepi dari pembeli.

“Pasca lebaran sepi pembeli. Mungkin para konsumen masih belum banyak yang kembali dari mudik,” terang Noval

Sementara itu, Kepala Bidang Pasar, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Situbondo Agus Setiono SE  menagatakn, pasca lebaran aktivitas transaksi di pasar tradisional kemungkinan akan kembali ramai pada akhir bulan ini atau bulan Agustus mendatang.

Menurut Agus, minimnya transaksi pasca lebaran juga mempengaruhi sejumlah harga bahan pangan penurunan tipis dari biasanya.

“Harga bahan pangan yang sebelumnya naik, pasca lebaran ini sudah mulai turun tipis. Seperti, bawang putih, cabai dan sejumlah komoditi sayur harganya sudah mulai turun semua,” ujarnya. (*)