Selebgram Rizky Amelia (@ameliaelle) dan Fita Wulansari (@fitawlnsr) (foto via Instagram)
Selebgram Rizky Amelia (@ameliaelle) dan Fita Wulansari (@fitawlnsr) (foto via Instagram)
Mengungkap Rahasia Selebgram Berstatus Mahasiswi  2

Selebriti Instagram atau selebgram awalnya menggunakan akun Instagram untuk berbagai foto aktivitas mereka sehari-hari. Paras menawan didukung kualitas foto menarik membuat mereka memiliki banyak pengikut (followers). Dari situlah mulai muncul tawaran mempromosikan produk.

Promosi produk atau dikenal dengan istilah 'endorse' dilakukan selebgram Rizky Amelia (@ameliaelle) sejak tahun 2014 lalu.

Pemilik akun Instagram dengan 361 ribu followers itu sejak kuliah di semester lima telah banyak mendapat tawaran endorse

"Aku emang dasarnya dari kecil suka foto. Main Instagram sekitar awal tahun 2013. Trus pas mulai banyak endorse sekitar tahun 2014," ungkap wanita yang akrab disapa Elle itu pada MALANGTIMES.

Sedangkan, selebgram Della Relisananda (@dellarelisand) mengaku sejak menempuh bangku kuliah di semester tiga, ia telah mendapat tawaran endorse produk fashion. Mahasiswi Universitas Brawijaya itu mengaku kala itu jumlah followers masih berada di angka 3 ribu. 

"Tepatnya aku lupa tahun berapa. Jumlah followers waktu itu masih tiga ribu tapi udah mulai ada yang minta endorse," kata Della.

Produk pertama yang ia promosikan berupa celana motif. Kini jumlah followers akun Instagram Della mencapai 57 ribu followers.

Selain terkenal berkat foto ciamik, selebgram Yulia Wijayanti (@yuliawijayantii) mendapat tawaran endorse berkat membantu kawan yang memiliki usaha online.

"Aku bantuin teman online shop gitu, trus banyak yang nawarin aku endorse akhirnya," tutur pemilik akun Instagram dengan 19 ribu followers itu.

Lain halnya dengan Fita Wulansari (@fitawlnsr). Awal mula ia mendapat tawaran endorse karena mengenal selebgram lain yaitu Aghnia Punjabi (@aghniapunjabi) dan Rizky Amelia (@ameliaelle).

"Pas aku masih jadi model make-up gitu, aku udah endorse satu sampai dua produk gitu. Trus makin banyak endorse sejak dikenalin sama Aghnia dan Elle. Dan terus banyak sampai sekarang," aku mahasiswi Politeknik Negeri Malang itu.

Soal tarif endorse tak semua selebgram itu mau terbuka. Fita dan Yulia mengungkapkan bila tarif endorse berkisar Rp 50 ribu. Tarif ini dapat berubah seiring jumlah followers mereka yang terus meningkat. 

Bila Fita dan Yulia terbuka soal tarif promosi produk lain halnya dengan Della Relisananda (@dellarelisand) dan Rizky Amelia (@ameliaelle). 

"Intinya dari semester 5 aku udah nggak pernah minta uang jajan sama Mama. Bisa bayar kuliah sendiri, beli apa-apa pakai uang sendiri, bisa nyicil mobil dan rumah dan beliin sesuatu yang Mama aku suka hehehe," ujar Rizky Amelia.

Dari informasi yang didapatkan MALANGTIMES dari onlineshop bernisial RN yang tidak ingin disebutkan namanya, tarif endorse wanita yang beken dengan nama Elle itu sekitar Rp 1 juta. 

Angka ini menurut pemilik onlineshop spesialis hijab itu disebabkan jumlah pengikut Elle menginjak angka 400 ribu followers.

Lantas, bagaimana para selebgram bersatus mahasiswi itu menerima endorse?

Benarkah mereka kini bak selebrita yang memiliki manajemen? Simak ulasannya hanya di MalangTIMES. (*)