Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Total 15 Pasien Keracunan Miso, Puskesmas Beri Akses Gratis

Penulis : Anang Basso - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

29 - Jun - 2017, 21:35

Placeholder
Dr. Aris Setiawan Kepala UPT Puskesmas Kauman Tulungagung / Foto : Dr Aris / Tulungagung TIMES

Jumlah pasien dugaan keracunan akibat Bakso dan Mie Ayam terus bertambah. Sebelumnya di beritakan ada sekitar sembilan pasien yang di rawat di instansi Gawat Darurat (IGD)  RSUD dr Iskak Tulungagung. Rupanya jumlah tersebut bertambah karena ternyata ada 6 (enam) pasien lain yang di tangani oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kauman Kalangbret Tulungagung. 

"Sudah kita lakukan pertolongan bagi enam pasien yang datang, dua rawat jalan dan empat lainnya rawat inap," ungkap Kepala UPT Puskesmas, Aris Setiawan 

Aris menambahkan pihaknya juga telah mengambil sampel makanan (Bakso dan Mie Ayam) dari pasien serta telah melakukan pengambilan sampel ke warung tempat makan berupa Mie, Penthol bakso, kuah, saos, sambel dan air sumur. Bahkan telah melakukan pendampingan terhadap warung dengan cara memberikan pengarahan dan pengawasan terhadap kebersihan bahan yang di masak. 

"Kita telah mengambil sampel dari pasien, makanan yang ada di warung dan kita menegaskan dua orang untuk pendekatan di warung agar kualitas bahan yang di olah harus bersih. Secara persuasif juga sudah kita sarankan untuk tutup sementara sambil menunggu hasil laboratorium yang selesai sekitar 1-2 minggu," tambahnya. 

Puskesmas Kauman juga memberikan himbauan pada warganya jika mengalami gejala mual, muntah dan di duga Keracunan untuk segera periksa di Puskesmas dengan layanan tanpa biaya apapun. 

"Silakan jika punya gejala yang di duga atau sama dengan keracunan setelah makan di warung tersebut datang ke puskesmas, kami akan layani dengan gratis," tandasnya.

Dari data yang masuk ke Puskesmas enam orang di rawat akibat dugaan keracunan sebagai berikut :

1. Mardiyah , (70) Alamat dusun Srigading Desa Bolorejo Kecamatan Kauman ( Rawat Inap di Puskesmas ).

2. Masnah , (45)  Guru, Alamat dusun Srigading Desa Bolorejo Kecamatan Kauman ( Rawat Inap di Puskesmas ).

3. Maryuni , (27) swasta, Alamat dusun Jabon Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman ( Rawat Inap di Puskesmas ).

4. Endah, (13) pelajar SMP, Alamat dusun Jabon Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman ( Rawat Inap di Puskesmas ).

5. Isti Komah , (39) swasta, Alamat dusun Srigading Desa Bolorejo Kecamatan Kauman. 

6. Lia ,(17) swasta, Alamat dusun Srigading Desa Bolorejo Kecamatan Kauman ( Rawat Jalan ).

Sesuai keterangan korban, bahwa sebelumnya makan Bakso dan Mie Ayam di Warung Bakso & Mie Solo yg berada di simpang empat Cuiri desa Sidorejo kecamatan Kauman. 

 


Topik

Peristiwa keracunan-makanan bakso Mie-Ayam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Moch. R. Abdul Fatah